Tari Paraben Rok’om Hiasi Acara Kemenpar RI

Jember, Jawa Timur – Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinergitas Promo Pariwisata Pasar China yang di gelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI di kabupaten Jember Jawa Timur dengan mengundang 50 orang digelar tari Peraben Rok’om menjadi pembuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinergitas Promo Pariwisata Pasar China yang di gelar oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI di lantai ll hotel Aston kabupaten Jember, acara ini terlaksana di fasilitasi angggota DPR RI Komisi X Ayub Khan. Tarian yang memperkuat imet budaya tradisional setempat ini terus di kreasikan oleh sanggar tari Tolalisa dengan kolaborasi musik patrol (kentongan) yang menjadi ciri khas musik tradisional kabupaten Jember terpadu dengan lagu bersair bahasa Madura.

Di katakan oleh pemilik sanggar tari Tolalisa Sulistyowati, dari tarian yang ditampilkan hari ini (Kamis 08 Agustus) menceritakan gadis (perawan) yang tidak lepas dari kebiasaannya memasuki masa pubertas atau dewasa untuk tampil maksimal dengan cara berdandan bersolek untuk mencari perhatian orang lain agar mendapatkan sanjungan pujaan.

“Jadi kalau gadis itu masih harum, cantik dan menjaga dirinya selalu ingin bersih dengan sikap lincah energik”, kata Sulistyowati saat mendampingi anak didiknya tampil.

Dijelaskan Sulistyowati kostum penari diambil corak warna hijau sebagai simbol jika Jember dengan tanahnya yang subur bisa berbagai jenis tanaman tumbuh baik seperti padi tebu jagung kedelai tembau sayur mayur dan lainnya, kostum warna dari penari itu sebagai gambaran kemakmuran masyakat jember bersumber dari alamnya.

Tari Paraben Rok’om kata pemilik sanggar juga di selipkan aikon kabupaten Jember sebagai kota penghasil tembakau, maka pakaian bagian penutup kepala berbentuk daun tembakau yang tertata dan berwarna hijau menghadap ke atas.

Acara yang di gelar hari ini dengan narasumber angggota DPR RI Komisi X dari fraksi Demokrat Ayub Khan, Kepala Bidang Pemasaran Area IV Asdep Pengembangan Pemasaran ll Regional l (Great China) S Utari Widyawati dan Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Jember Anas Makruf. Mengupas potensi wilayah Jember untuk meraih pengunjung wisata China dengan fasilitas penunjangnya.

Reporter Efendi | Red-Wbn Hs.