Milad Ke-115 Ponpes Suryalaya Dihadiri Kang Emil Gubernur Jawa Barat

WBN, Tasikmalaya– Milad ke-115 Ponpes Suryalaya di Kec. Pagerageung kab. Tasikmalaya. Hadir dalam Acara tersebut Gubernur kang Emil, tokoh Jabar Abah Dr. H. Anton Charliyan yang masih Kerabat dan Keluarga besar Ponpes Suryalaya. Pimp Ponpes Suryalaya KH. Zainal Abidin. Muspida Tingkat 1 Janar dan tingkat 2 kab. Tasik, Ciamis , Tasik kota. Para pimpinan Ponpes se-jabar serta Kapolres Tasik. (05/09).

Dalam kesempatan tersebut Kang Emil selaku Gubernur Jawa Barat meyampaikan Program Pemda untuk menjadi Juara Lahir Bathin sekaligus Meresmikan Program Pembelajaran Elektronik Village yang berbasis IT. Dilanjutkan dg Silaturahmi seluruh tokoh yang hadir.

Ponpes Suryalaya pertama kali didirikan oleh Syeikh KH. Abdullah Mubaroq bin Mohammad yang lebih dikenal dengan Abah Sepuh pada tahun 1905. Di lembah Gunung Sawal kec. Pager Ageung Tasikmalaya beliau mengembangkan ajaran Tareqat Qodiriyah Naqsabandiyah, beliau Wafat pada Tahun 1956. Kemudian dilanjutkan oleh putranya Syeik KH. Akhmad Shohibul Wafa Tajul Arifin yang dikenal sebagai Abah Anom, pada saat kepemimpinan Abah Anom Suryalaya lebih berkembang pesat menjadi sebuah Pendidikan Pesantren Modern mulai dari tingkat Aliyah sampai dengan Perguruan Tinggi dan mencapai masa keemasan pada Masa Orde baru dimana santri-santrinya mencapai juta an tersebar di Seluruh Nusantara sampai Ke Manca Negara khususnya Asean. Malaysia, Brunei Darusalam. Philiphine Thailand dan lain-lain.

Hidayat | redpel ndra