WBN l INDRAMAYU – Pelaksanaan program sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Sekarmulya, Kecamatan Gabus Wetan, Kabupaten Indramayu di Duga pemilik E – Warung Wawan merugikan KPM ( Keluarga Penerima Manfaat ),(14/1).

Program Raskin tahun 2016 kini diganti dengan sistem menggunakan e-kartu diberikan langsung kerumah tangga sasaran yang merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sehingga bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai.
Dengan menggunakan sistem perbankan sistem baru penyaluran pangan diatur dalam peraturan presiden nomor 63 tahun 2017 tentang bantuan sosial non tunai.

Maman Suparman selaku tokoh masyarakat desa SekarMulya mengatakan ” Banyak warga masyarkat yang menerima bantuan BPNT yang di salurkan melalui agen E – Warung Wawan desa SekarMulya dalam kondisi buah yang tidak layak konsumsi atau telah busuk.
Saya sangat kecewa atas apa yang masyarakat terima, Program penyaluran BPNT jangan di jadikan keuntungan bagi oknum yang berusaha bermain di program sosial bagi masyarakat tersebut,” Tegas Maman.

Akhirnya Maman membawa aspirasi ini ke kantor desa SekarMulya dan di terima langsung oleh Kepala desa SekarMulya Cahyono serta perangkat desa lainnya.
Cahyono mengatakan ” Tidak mengetahui terkait penyaluran Program BPNT tersebut dikarenakan agen E – Warung bahkan pendamping kecamatan Momon tidak pernah berkordinasi dengan pemdes SekarMulya,” Tuturnya.

Adi kasi pemerintahan desa SekarMulya mengatakan ” Adapun peran aktif dalam penyaluran program BPNT tersebut adalah para Bekel dan Pendamping Kecamatan Momon,” Pungkasnya.

Dan saat di konfirmasi oleh awak media WBN, Engkos Bekel desa SekarMulya mengatakan ” Untuk penyaluran BPNT yang melalui E – Warung Wawan itu untuk prodak yang di terima Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) berasal dari pendamping kecamatan Momon dan Momon yang menunjuk untuk suplayernya.
Adapun bahan pangan yang di terima oleh Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) senilai RP.200.000 terdiri dari :
10 kg Beras, 1kg daging ayam, 1kg Telur, 1/4 kacang tanah serta 3 buah pir,” Ungkapnya. Reporter l Cp.Enjoy l

Share It.....