Tim Puslitbang Polri Riset Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polres Ngada

WBN│NTT, Pusat Penelitian dan Pengembangan Polri melaksanakan Penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri dan survei indek Kamtibmas TW.II, T.A. 2021 di wilayah Polres Ngada, Flores, Selasa, (25/05/2021).

Rangkuman media ini, kehadiran Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol. Syahrial M. Said, S.I.K. bersama lima anggota tim yaitu Pembina Dwi Irawati, S.S., Penda Muzzar Kresna, S.E. (Konsultan) dan Penda Tegawati, A.Md. (penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri) T.A. 2021, serta Iptu Whisnu Argo Bintoro, S.T. dan Penda Tk.I Lindaningsih Nainggolan, S.E. (penelitian Survei Indek Kamtibmas TW.II T.A. 2021) yang didampingi oleh Ps. Kabag Strajemen Pembina Dellyana Kana Kadja, S.H dan tim.
Kehadiran Tim Puslitbang Polri diterima oleh Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowodi, S.I.K, M.I.K si Mapolres Ngada Kota Bajawa.

Diuraikan, maksud dan tujuan penelitian adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan Informasi serta masukan dari Publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri Polres Ngada, khususnya pada fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data dari responden yang mengisi kuesioner secara online melalui link sesuai fungsi kepolisian.

Masing-masing fungsi diantaranya 30 responden diluar Anggota/ASN lingkungan Polri, dalam hal ini khusus untuk fungsi Reskrim adalah responden yang pernah berurusan dengan proses penyidikan antara lain Saksi, Korban, Tersangka, Tahanan dan Pengacara.

Kegiatan yang dibuka oleh Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi, S.I.K,M.I.K diikuti arahan Ketua Tim Penelitian, Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K. menjelaskan kehadiran Tim Puslitbang guna memperoleh data dan informasi langsung dari masyarakat.

Kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD), baik kepada para responden maupun terhadap masing-masing fungsi kepolisian.

Dijelaskan, hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan pelayanan serta demi memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas kepolisian dikemudian hari.

Dikutip WBN, salah satu peserta Puslitbag Polri dari unsur tokoh masyarakat sekaligus Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ngada, Gerardus Reo mengatakan apresiasi kepada Institusi Polri sebab meski Ngada daerah yang terpencil, namun merupakan daerah yang sangat harmonis dan sangat aman, baik dari sisi budaya maupun toleransi.

“Terimakasih untuk Tim Puslitbang Polri yang sudah datang di daerah kami untuk menggali sesuatu yang merupakan satu langkah yang luar biasa sekaligus menggali informasi-informasi, usul saran konstruktif dari masyarakat. Cukup banyak usul saran konstruktif yang sudah disampaikan melalui kegiatan ini. Selama saya hidup sampai dengan saat ini dan sejauh yang saya tau, saya juga harus sampaikan bahwa Polres Ngada luar biasa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat walaupun masih ada yang belum sempurna”, ungkap Gerardus Reo.

Gerardus Reo juga berharap Polres Ngada dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat serta tugas menciptakan Kamtibmas, mengedapan pedekatan budaya, terutama dalam menyelesaikan persoalan persoalan dalam masyaraka.

Bint│WBN│Editor-Aurel

Share It.....