Walikota Tasikmalaya Drs. H. M Yusuf Hadiri Acara Ngabako Saamparan di Situ Gede

WBN |Kota Tasikmalaya – Kegiatan rutin yang telah digelar beberapa kali oleh beberapa komunitas budaya di Tasikmalaya. Kali ini digelar kembali pada hari minggu 26 September 2021, yang berlokasi di obyek wisata situ gede kota Tasikmalaya, yang berjarak sangat dekat dengan pusat kota Tasikmalaya.

 

Kegiatan Ngabako Saamparan kali ini sangat berbeda tak seperti biasanya, karena kali ini kedatangan tamu undangan dari Pejabat pemerintah kota Tasikmalaya yakni Bapak Walikota Tasikmalaya Drs. H. M Yusuf dan kepala dinas pemuda, Olahraga, kebudayaan dan pariwisata/Disporabudpar Hadian.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan rajah siliwangi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bapak walikota yang sangat merespon positif kegiatan tersebut, untuk mempererat tali silaturahmi juga mempromosikan obyek wisata situ gede yang merupakan salah satu asset di wilayah kota Tasikmalaya.

Video Terkait

Acara dihadiri pula oleh para sesepuh dan tokoh budaya dari Tasikmalaya juga dari luar kota diantaranya Uyut Sani, Ki Pamanah Rasa, Ki Tapa Umbara, Ki Goler, Abah Mumu dan lain lain.

 

Acara Ngabako Saamparan mendapat respon positif dari masyarakat kota Tasikmalaya, yang terbukti memenuhi areal lokasi sambil menikmati keindahan alam situ gede. Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih sekitar 150 padepokan/ paguron silat/debus yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Diantaranya dari tasikmalaya, ciamis, Majalengka, bogor, garut dan lain lain.

Setelah sambutan dari para sesepuh dan beberapa tokoh budaya, dilanjutkan dengan tawasul dan berdoa bersama. Kemudian ditampilkan pagelaran budaya khas tradisional sunda.,yakni silat, tarawangsa dan debus.

(Hidayat biro tasikmalaya).

Share It.....