Ngunjung dan Sedekah Bumi P. Suryanegara

 

WBN, CIREBON – Situs P. Suryanegara yang berada diwilayah desa Wanacala mengadakan Upacara adat sedekah bumi yang rutin dilaksanakan setiap tahun dibulan oktober pada hari jum’at Kliwon. (15/10)

Menurut juru Kunci Rd.Dewata Kertamenggala Acara ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Allah swt dan dihadiri oleh keluarga besar desa Mertasinga dan desa grogol desa wanayasa dan sekitar wilayah 3 cirebon. Hanya saja ada perbedaan dalam pelaksanaan Ngunjung tahun ini Mengingat kondisi covid19 acara ini diselenggarakan dengan melaksanakan protokol kesehatan covid19 dengan dikawal para babinsa dan Babin desa setempat dan juga

Dengan mengatur agenda menjadi beberapa kali untuk acara doa. Dibagi per tiap desa yang hadir.Menurut Rd.lili alida sumamenggala

setiap tahun digelar acara ngunjung / khaol. Acara ini dilakukan selama 2 hari berturut-turut dan selalu dilakukan pada hari kamis dan jum’at dengan hari jum’at yang merupakan jum’at kliwon.dengan dihadiri pejabat pejabat desa yang hadir seperti desa mertasinga dan grogol yang memghadirkan ibu ibu pejabat desanya.

 

Selama 2 hari tersebut, digelar rangkaian acara kegiatan. Di antara acara itu adalah Tawasulan yang dilakukan para ibu yang tinggal di sekitar makam yang dilakukan pada awal rangkaian acara, tepatnya kira-kira pukul 09.00 – 10.00 di hari kamis. Selain itu dalam acara ngunjung / khaol digelar pula acara ritual dan pengajian umum. Puncak dari acara ini adalah acara mengunjungi makam Pangeran Suryanegara yang dilakukan pada saat Ba’da Ashar (Ashar) di hari kamis menjelang hari jum’atnya itu. Tidak ketinggalan pula dalam rangkaian acara ini digelar beberapa atraksi hiburan baik siang maupun malam. Atraksi hiburan yang biasa dipentaskan yakni mulai dari yang tradisional, yakni tari topeng dan sintren, hingga yang modern seperti organ tunggal. Hanya saja untuk sekarang acara hiburan ditiadakan yang ada hanya marawis ibu ibu kader rw.08 wanacala dan tawasulan .

Menurut sesepuh desa Wanacala Bpk.Mumu dan Bpk. Munsyarip sesungguhnya acara mengunjungi makam Suryanegara ini merupakan inti dari acara ngunjung / khaol, Acara Ngunjung / khaol ini berisi tentang pengabdian dan mengenang kepada leluhur sebagai tanda penghormatan dan rasa terima kasih atas jasa-jasanya yang telah diberikan kepada masyarakat dan daerah.

Lebih lanjut Bpk Munsyarip mengatakan acara kegiatan rutin ini mudah mudahan bisa menarik peziarah/wisatawan untuk berkunjung ke wanacala dan bisa menambah meningkatkan ekonomi masyarakat setempat seperti destinasi wisata sejarah dan religi lainnya.

Dalam acara tersebut dilibatkan juga anggota Pejuang Siliwangi sebagai anggota keamanan disamping Babinsa dan Binmas kelurahan Harjamukti.

Reporter Rajoel | redpel ndra