Momentum Tahun Baru Destinasi Agrowisata Situ Bolang Kabupaten Indramayu Dipadati Pengunjung

WBN |INDRAMAYU – Agrowisata adalah cara baru bagi petani untuk mendapatkan uang selain dari menjual hasil tani. Diharapkan cara ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat perkotaan untuk mempelajari tentang pertanian dan perkebunan.

 

Agro wisata Situ Bolang destinasi yang banyak digandrungi. Pasalnya pengunjung tak hanya bisa menikmati suasana yang asri namun juga ada banyak wahana yang ditawarkan. Bukan hanya bisa meningkatkan potensi wisata namun juga memberi manfaat untuk meningkatkan keindahan alam dan konservasi lingkungan.

 

Di lahan yang luasnya mencapi 17 hektar ini, pengunjung akan bisa melihat ribuan tanaman mangga hingga taman bunga. Inilah yang menjadi daya tarik. mengingat tanaman yang biasanya hanya berbuah di daratan tinggi juga bisa hidup di daratan rendah. Hal ini tentunya menjadi hal yang luar biasa terutama akan tumbuhnya mangga Agrimania yang merupakan mangga khas dari Indramayu.

 

Untuk membuat wisatawan nyaman, pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang terbilang memadai. Pengunjung bisa menemukan gedung pertemuan atau gedung diklat dan sarana seperti toilet. Bukan hanya berwisata, pengunjung juga bisa belajar tentang dunia pertanian serta perkebunan. Mulai dari pembibitan, budidaya tanaman hingga menikmati hasilnya yakni wisata petik buah langsung dari pohonnya.

 

Situ Bolang membuat wisata ini bukan hanya untuk melepas lelah dan mencari hiburan, namun juga untuk wisata edukasi untuk para siswa.

Owner Agro Situ Bolang, H. Urip mengatakan, merasa bersyukur agrowisata ini menjadikan tempat wisata, hiburan dan dikunjungi ribuan orang.

 

“Agrowisata adalah pilihan tujuan wisata yang tepat bagi masyarakat Indramayu umumnya Jawa Barat. Mereka kebanyakan jenuh dengan kebisingan kota, polusi, macet, dan lain sebagainya. Mereka ingin mendapatkan hiburan yang alami dan segar sambil belajar mengetahui asal usul buah mangga indramayu dan makanan sejenisnya, bahwa buah yang mereka makan berasal dari perkebunan dan pertanian.

 

Lebih lanjut H. Urip, Tujuan dari agrowisata adalah untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Melalui pengembangan agrowisata yang menonjolkan budaya lokal dalam memanfaatkan lahan, dapat meningkatkan pendapatan petani serta melestarikan sumber daya lahan, serta memelihara budaya maupun teknologi lokal yang umumnya sesuai dengan kondisi lingkungan alaminya.

 

“Adapun manfaat dari agrowisata antara lain : meningkatkan konservasi lingkungan, meningkatkan nilai estetika dan keindahan alam, memberikan nilai rekreasi, meningkatkan kegiatan ilmiah dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta mendapatkan keuntungan ekonomi,” terangnya.

 

Upaya membangun dan mengembangkan pariwisata terus dilakukan di Kabupaten Indramayu, Selain mulai berbenah dalam menata dan mempercantik destinasi tujuan wisata yang sudah ada, upaya mengubah konsep pembangunan pun dijalankan. Seperti di Agro Wisata.

 

( Anton K )

Share It.....