Ribuan Nasi Tumpeng Hiasi Acara Sedekah Bumi Desa Arahan Lor

WBN, INDRAMAYU – Kegiatan adat sedekah bumi masyarakat Desa Arahan Lor terbilang unik. Ribuan nasi tumpeng dalam bakul yang dibawa masyarakat desa memenuhi Areal Pesawahan hingga Halaman Kantor Kuwu Arahan Lor Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, Rabu (16/11/2022).

Sebelum tumpeng-tumpeng tersebut dibagikan ke masyarakat, pemdes bersama ribuan warga dan Kapolsek Arahan beserta jajarannya menggelar doa bersama dipimpin tokoh agama didampingi para tokoh adat desa setempat.

Kuwu Arahan Lor, Wahyudi mengatakan, sedekah bumi di tahun ini jadi hal yang unik karena diikuti ribuan masyarakat desa. Tidak tanggung-tanggung, terdapat seribu lebih nasi tumpeng dalam bakul dibawa warga yang berprofesi sebagai petani.

“Alhamdulillah setiap tahun semakin banyak masyarakat yang ikut, itu terlihat dari jumlah nasi tumpeng mencapai ribuan,” ujar Wahyudi.

Dalam acara sedekah bumi, katanya, masyarakat secara bersama-sama berdoa agar musim tanam yang akan datang dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun, baik itu terkendala cuaca, serangan hama dan penyakit tanaman.

“Dengan berdoa bersama kepada Allah SWT, kami berharap kembali memperoleh hasil yang melimpah saat panen,” ujarnya.

Menurutnya sedekah bumi telah menjadi tradisi masyarakat Arahan Lor yang mayoritas penduduknya adalah petani.

Sehingga, pelaksanaan adat ini masih terus dipegang oleh petani dan masih terpelihara sampai sekarang. Pelaksanaan sedekah bumi ini, lanjut Wahyudi sebagai ungkapan rasa syukur para petani yang memperoleh hasil yang baik di musim tanam gadu, dan akan segera melaksanakan musim tanah selanjutnya musim rendeng (penghujan).

“Masyarakat antusias sekali. Terbukti dari banyaknya nasi tumpeng sampai ribuan. Ini jadi tanda bahwa masyarakat Arahan Lor masih memegang teguh adat istiadat leluhur, saling menghargai dan tali silaturahmi antar warga tetap terjalin,” kata Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan, bahwa tujuan menggelar sedekah bumi ini adalah sebagai wujud rasa syukur atas limpahan rejeki yang diberikan kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga berharap dengan melakukan sedekah bumi ini bisa mendapatkan rejeki berlimpah.

“Semoga dengan melakukan sedekah bumi ini, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar ,” pungkasnya. ( Anton K )

Share It.....