42 views

Paksi Pak Sekala bekhak Kepaksian Bejalan Di Way Lampung Barat, Berkunjung Ke Keraton Kesepuhan Cirebon

Cirebon, Jawa Barat – Kunjungan Kerajaan Sekala bekhak Kepaksian Bejalan Di Way, diwakili oleh Yudistira Puspanegara, dengan gelar Raja Junjungan Paksi. Beliau adalan Pemapah Dalom dari Salayar Akbar Lampung Barat. Berkunjung bersilaturahmi ke Keraton Kesepuhan Cirebon di terima Oleh Sultan Sepuh Ke XIV. PRA. H. Arief Natadiningrat S.E, Senin (04/11).

Silaturahmi yaitu tradisi budaya nusantara, saling mengunjungi atau berkunjung kepada saudara, kerabat, atau sahabat agar hubungan kekeluargaan, kekerabatan, dan persahabatan tidak terputus. Seperti halnya antar Kerajaan dan Keraton Se nusantara.

 

Kegiatan tersebut berjalan dengan  khidmat antar ke dua kerajaan ini, dalam kunjungan pamapah dalam , Yudistira puspanegara ini mengagendakan Sultan Paksi Pak Sekala Bekhak ke XX  dari  Kepaksian Bejalan di way yang bernama Sultan Jaya Kusuma lV Salayar Akbar Puspa Negara, akan berkunjung ke keraton Kesepuhan Cirebon dan bertemu dalam acara adat tradisi  untuk bersilaturohmi menjalin persaudaraan dan menjaga kebudayaan daerah masing-masing.

Sejarah Singkat Paksi Pak Sekala Brak

Diriwayatkan di dalam Tambo bahwa para Pendiri Paksi Pak Sekala Brak adalah berasal dari Pagaruyung. Sebagaimana MataramKutai dan Pagaruyung, Sekala Brak mengalami dua era yaitu era Keratuan Hindu Budha dan era Kesultanan Islam. Diriwayatkan di dalam Tambo bahwa empat orang Putera Raja Pagaruyung Maulana Umpu Ngegalang Paksi tiba di Sekala Brak untuk menyebarkan agama Islam. Fase ini merupakan bagian terpenting dari eksistensi masyarakat Lampung. Dengan kedatangan Keempat Umpu ini maka merupakan kemunduran dari Kerajaan Sekala Brak Kuno atau Buay Tumi yang merupakan penganut Hindu Bairawa/Animisme dan sekaligus merupakan tonggak berdirinya Kepaksian Sekala Brak atau Paksi Pak Sekala Brak yang berasaskan Islam. Keempat Putera Maulana Umpu Ngegalang Paksi masing masing adalah:

  1. Umpu Bejalan Di WayDia adalah Pendiri Paksi Buay Bejalan Diway memerintah dan dimakamkan di Puncak, Sukarami Liwa
  2. Umpu BelunguhDia adalah Pendiri Paksi Buay Belunguh memerintah di Barnasi, Belalau
  3. Umpu Nyerupa. Dia adalah Pendiri Paksi Buay Nyerupa memerintah di Tampak Siring, Sukau
  4. Umpu Pernong. Dia adalah Pendiri Paksi Buay Pernong memerintah di Henibung, Batu Brak

 

 

Red-WBN NN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *