Pengamanan Natal 2022 Dan Tahun Baru 2023, Ini Maklumat Polres Ngada NTT

WBN │ Polres Ngada, NTT kepemimpinan Kapolres AKBP Padmo Arianto, S.I.K mengeluarkan sejumlah penegasan penting dalam agenda pengamanan hari raya Natal 25 Desember 2022 serta Tahun 2023.

Hal tersebut diungkatpkan saat apel gelar pasukan operasi lilin 2022 untuk pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dilaksanakan di lapangan Apel Polres Ngada, pada Kamis (22/12/2022).

Saat apel gelar pasukan juga dibacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang menekankan seluruh personil pengamanan Natal 2022 dan tahun baru 2023, untuk selalu waspada terhadap potensi gangguan, baik potensi lonjakan covid-19, yang saat ini telah muncul subvarian baru Omicron BN.1 dengan sifat lebih cepat menular



Selain itu terdapat beberapa potensi gangguan yang perlu diwaspadai, seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas serta ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan serius.

“Perlu saya tekankan, bahwa aksi terorisme seperti di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi, maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi-aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tepat ibadah, yang berpotensi menjadi target serangan teror” Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto, S.I.K.

Polres Ngada, lanjutnya, siap memberikan pelayanan pengamanan terbaik kepada masyarakat selama merayakan Natal dan tahun baru 2023.

“Selama pelaksanaan pengamanan kami dibantu oleh Kodim 1625 Ngada dan Instansi terkait dan kami jamin selama perayaan Nataru dapat berjalan dengan aman, damai, nyaman dan lancar. Personil kami tempatkan di setiap rumah ibadah/Gereja yang ada diseluruh wilayah Kabupaten Ngada. Kami juga menyiapkan pos pengamanan di pusat kota Bajawa, pos pengamanan di lintasan jalur antar kota di masing-masing kecamatan, Pos pelayanan di tempat-tempat pelayanan publik dan pos terpadu bersama instansi terkait untuk antisipasi gangguan-gangguan lainnya”

Dengan mempertimbangkan masih adanya penyebaran Covid-19 secara Nasional yang belum sepenuhnya terkendali dan guna memberikan perlindungan dan menjamin keamanan serta keselamatan masyarakat selama pelaksanaan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 diwilayah hukum Polres Ngada Kapolres Ngada mengeluarkan maklumat dan himbauan kepada seluruh lapisan warga masyarakat Kabupaten Ngada yaitu, agar selama proses perayaan Nataru selalu mentaati Prokes Covid-19, beribadah di masing-masing tempat ibadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya

“Mari kita tetap menjaga solidaritas dan toleransi antar umat beragama. Pastikan rumah dalam keadaan aman (terkunci, matikan listrik dan kompor) sewaktu meninggalkan rumah. Pastikan kendaraan dalam keadaan aman (terkunci baik dirumah, parkiran, maupun di tempat publik. Tidak membunyikan dan menyalakan petasan, kembang api, klakson kendaraan pada saat pelaksanaan ibadah atau tempat-tempat lain yang dapat mengganggu orang lain. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas dan tidak melakukan konvoi atau kebut-kebutan ataupun ugal-ugalan dalam dengan kendaraan serta tidak menggunakan knalpot racing. Dilarang menjual atau mengkonsumsi miras terutama pada saat mengendarai kendaraan”, imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 tingkat Polres Ngada yaitu Wakil Bupati Ngada selaku Pimpinan Apel Gelar Pasukan, Dandim 1625 Ngada, Kapolres Ngada serta para pejabat instansi terkait serta Ormas Banser Kabupaten Ngada.

WBN

Share It.....