492 views

Ritual Tradisi Adat Sedekah Bumi

Indramayu, Jawa Barat – Tradisi sedekah Bumi, Masyarakat Belum Berani melakukan Penggarapan Sawah Kalau belum melaksanakan Ritual Adat Sedekah Bumi.Rabu(30/10).

Masih menggunakan tradisi lama, cara mnginformasikan ke masyarakat menggunakan BARENG (Gong ukuran sedang) yang di bunyikan dengan cara di pukul terus menerus sampai acara di mulai.

Kegiatan di pimpin langsung Oleh Kepala Desa Kliwed,
Achmad Rosadi Saputra di dampingi Bendahara Desa H.Sanaji, dan Lebe Samhadi, selaku pemimpin tahlil, dan beberapa pamong desa pun turut hadir dalam kegiatan tersebut, Mengatakan dirinya selaku kepale desa berkewajiban meneruskan kegiatan tradisi yang sudah berjalan selama puluhan tahun di Desanya, dengan harapan adanya kegiatan makan bersama warga di sawah, yang sebelumnya sudah di lakukan acara tahlillan dan pemotongan ayam janggar (ayam jantan yang masih berusia remaja) sebagai rasa syukur atas nikmat yang sudah di berikan oleh Allah SWT. Serta menjaga Silaturahmi antar warga desa Kliwed, bisa terjaga.

Dan hampir di setiap desa di indramayu yang mayoritas mayarakatnya sebagai petani, masih konsisten melaksanakan kegiatan sedekah bumi ini.
Penulis (B.ay) | Red ndra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *