Usulan Masyarakat Agar Kijang Kencana Mas ditetapkan Sebagai Icon Resmi Indramayu

Di Salah satu sudut kota Indramayu ada sebuah Bunderan Tugu Kijang Kencana .Tepatnya di Perempatan jalan Mekar 2 Karanganyar, pintu masuk dari arah cirebon menuju kota Indramayu Ketika Redaktur kami bertanya kepada masyarakat Sekitarnya Kenapa Tugu ini Dibangun ??? , dari ceritra yang berkembang di masyarakat Memang Benar Masyarakat Indramayu sangat Membanggakan bahkan setengah Mensakralkan Keberadaan Kijang Kencana Mas tersebut. Karena sangat Berhubungan erat dg Asal Muasal Lahirnya Kota Indramayu. Yang juga tercatat dalam Naskah Kuno tentang Sejarah Indramayu yakni dalam kitab ” Babad Dermayu ” konon isinya Menceritrakan.

Bahwa dari beberapa sumber diyakini penghuni partama yang membuka Indramayu adalah Raden Aria Wiralodra, Putra Tumenggung Gagak Singalodra dari Bagelen Demak. Sejak kecil beliau punya keinginan membangun sebuah Wilayah untuk kelak di wariskan kepada anak-cucunya. Dan untuk mewujudkan cita-citanya yang luhur tersebut, Ia gemar melatih diri dalam olah Kanuragan, Tirakat dan Bertapa.

Suatu masa Raden Wiralodra menjalankan pertapaan di perbukitan Melaya di kaki gunung Sumbing. Setelah menjalani pertapaanya selama tiga tahun ia mendapat wangsit.

 

“Hai Wiralodra… Apa bila engkau ingin berbahagia serta keturunanmu.. pergilah engkau ke arah matahari terbenam dan carilah sungai yang bernama Cimanuk.

Mana kala engkau telah tiba di sana berhentilah dan babad (red-tebang) lah Hutan, kemudian Bangunlah tempat tsb dan menetaplah engkau disana ”.

 

Demi melaksanakan Wangsitnya, Raden Wiralodra didampingi abdinya Ki Tinggil berangkat ke arah barat untuk mencari sungai Cimanuk.

Singkat cerita, Dalam pencarian Kali Cimanuk tsb bertemulah mereka dengan seorang perempuan bernama Dewi Larawana yang meminta untuk dipersunting Wiralodra, namun Rd Wiralodra menolaknya hingga membuat gadis itu marah dan menyerangnya.

Maka pertarungan pun terjadi, Setelah Wiralodra mengeluarkan senjatanya ke arah Larawana, Lalu tiba-tiba gadis itupun lenyap, Bersama’an dengan itu muncul-lah Seekor Kijang Kencana Mas.

Lalu Wiralodrapun segera mengejar kijang tersebut yg terus lari kearah timur, namun Seketika kijang itu lenyap dan tampaklah sebuah sungai besar.

 

Karena kelelahan Pangeran Wiralodra tertidur dan bermimpi bertemu dengan Ki Buyut Sidum ( Kijang Penanjung ) dari Pajajaran.

Berkata, “Hai cucuku.. inilah Lembah Cimanuk yang engkau cari, disinilah kelak engkau bermukim.”

 

Dan untuk mengenang jasa-jasa ki Buyut Sidum ( kijang penanjung ) maka bunderan yang di sebelah barat dari sport center lndramayu di karanganyar dinamakan bunderan kijang.

 

Adapun dari cerita yang didapat dari narasumber lain mengatakan “Bahwa Kijang Kencana mas tersebut adalah Prabu Indrawijaya.”

Narasumber tersebut menceritakan bahwa Prabu Indrawijaya dan Pangeran Harya Kemuning lah yang Awal pertama sekali terlebih dulu ada, Sebelum Raden Aria Wiralodra datang.

Narasumber itupun menyebutkan bahwa ” Prabu Indrawijaya sempat merubah diri menjadi Kidang Kuning (Kijang Mas), Oleh karena itu Pangeran Harya Kemuning melarang kepada anak cucu keturunannya sbg Pantrangan agar jangan sampai memakan daging Kijang “.

 

Kemudian bila kita telusuri, Simbol Kijang itu sendiri memiliki banyak Keutamaan, Dari mulai Tanduk yang bisa di gunakan sbg bahan obat yang Ampuh, Kijang juga identik sebagai Satwa yang sangat Pintar & Cerdik, makanya tidak salah, jika Perusahaan Computer menjadikan Kijang sebgai Icon nya, lalu Kijangpun dikenal sebagai  satwa yang  Gesit, Cepat & lincah. Makanya para juara lari sering dijuluki dengan perumpamaan ; ” Larinya Secepat Kijang ”

 

Kijangpun dikenal sebagai  Binatang yang Anggun berwibawa. Bijak dan Sabar . Karena memang Kijang inipun juga merupakan salah satu jenis Satwa Purba menurut catatan sejarah biologi. berusia sekitar 25 sampai dengan  35 juta tahun lalu. Sehingga dengan demikian merupakan Satwa yang  Mampu Survive untuk bisa tetap bertahan dan hidup hingga saat ini. Maka dari itu Kijangpun memiliki arti filosofi tambahan yang lain yakni ; Senantiasa Semangat, Kuat, memiliki jiwa Survive yg tinggi, Pantang Putus asa dalam menghadapi segala rintangan. Serta memiliki Bakat dan kemauan yang tinggi untuk mencapai cita-cita.

Terakhir sebagai sebuah Pengetahuan bahwa ternyata Kijangpun merupakan Satwa Endemik Asli dari bumi Nusantara. Yang  salah satunya menjadi legenda dan Kebanggan Masyarakat Indramayu sebagai Kijang Kencana Mas Wiralodra.

 

Harapan Sebagian Besar Elemen Masyarakat yang  disampaikan kepada Tim Redaksi mengusulkan Agar Pemerintah segera Menenetapkan Kijang Kencana Mas ini Bisa menjadi Icon Kabupaten Indramayu. Karena sampai saat ini Indramayu belum punya icon yang jadi Kebanggan Masyarakat yang Ditetapkan Pemerintah secara Syah. Kenapa tidak memilih Buah Mangga untuk dijadikan Icon ???, Karena kalau Mangga sudah jadi Ikon dari Kabupaten Lain yakni Kabupaten Majalengka ( Gincu ) dan Cirebon ( Gedong ) Sementara kalau Kijang belum ada satu Kabupaten pun juga di Indonesia ini yang Mengunakanya sebagai Icon. Sehingga dengan demikian Indramayu mempunyai Icon yang Khas yang tidak dipunyai daerah lain.

( Cp.Enjoy | Tim Editor)

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •