Pagelaran Wayang Kulit dan Gamelan, HUT Masyarakat Desa Gadingan
66 / 100 SEO Score

WBN, INDRAMAYU, JABAR – Pagelaran Wayang Kulit dan Gamelan, HUT Masyarakat Desa Gadingan Tradisi tahunan untuk mengenang Ki Tarpan oleh anak cucu dan masyarakat. Ki Tarpan selaku tokoh budaya pada masa lalu desa Gadingan Kec. Sliyeg, Kab. Indramayu. Senin (24/02).

Ki Tarpan adalah salah satu tokoh sesepuh desa Gadingan yang mewariskan budaya kepada anak cucu hingga sekarang. Acara gelar budaya dilakukan setiap tahun ini tepatnya setiap Selasa terakhir bulan jumadilahir dalam bulan Jawa atau bulan februari dalam bulan nasional.

Di gelar acara pagelaran budaya wayang kulit dan gamelan yang di mainkan oleh anak anak remaja binaan Sanggar Murti Budaya desa Gadingan pimpinan Ki ridho.

Dalang Ki Anom Arsono

Ki ridho adalah penerus dari Ki Tarpan, wayang kulit sendiri dimainkan oleh Dalang Ki Anom Arsono wayang Purwa karya utama Desa Jayamulya, Blok Cipedang Kroya dan sindennya sendiri Hj. Ugi, Dalam acara pagelaran wayang kulit tersebut Ki Anom Arsono membawakan cerita Bima Sena jadi Raja Di Astina.

Sinde Hj. Ugi

Acara tersebut bekat swadaya masyarakat serta dukungan penuh dari kepala desa Gadingan Narman. Hadir dalam acara budaya tersebut Babinsa Sertu Tasnoto, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta masyarakat dari luar desa Gadingan.

 

Narman berpesan kepada masyarakatnya ” Terus jaga ikatan tali silaturahmi antar sesama masyarakat desa Gadingan terlebih khususnya anak cucu Ki Tarpan ” tegasnya di saat memberikan sambutan pembuka. (Cecep | redpel ndra)