Mantan Kapolda Irjen Pol. Anton Carliyan Kunjungi Objek Wisata AlamTalaga Biru Cicerem

WBN. KUNINGAN – Lokasi objek wisata alam Talaga Biru Cicerem yang ada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan  Jabar  yang indah, aneka kuliner yang tersajikan sangat cukup terjangkau untuk ukuran dompet. Hal ini dikatakan mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Carliyan sebagai pengisi waktu dan kegiatan dalam masa purnawirawan.

“Iya dulu saya pakai dasi sekarang, ya begini pakai pangsi (pakaian daerah),” ungkap Irjen Pol Anton Carliyan saat ditemui di Talaga Biru Cicerem tadi, Senin (14/9/2021).

Dalam kesehariannya ia mengaku lebih suka terhadap pelestarian budaya. Pasalnya, komposisi budaya ini satu kesatuan dari agama dan negara.

“Ya, bicara budaya tentu disertai agama dan negara,” katanya.

Menurutnya alasan menjunjungi tempat ini mengaku bahwa ini salah satu warisan bangsa yang tidak lepas dari warga Nusantara.

Di Indonesia dikenal dengan banyak budaya. Nah, seperti pangsi ini gak mungkin disukai oleh orang luar Sunda, begitu juga pakaian adat atau budaya lainnya. Seperti orang Jepang dengan kostum kimono dan orang Tionghoa juga suka dengan pakaian Koko,” terangnya.

Lanjut disampaikan Anton, bahwa budaya bisa menjadi nilai ekonomi saat di sandingkan dengan wisata alam seperti begini.

Video Wawancara

“Bicara wisata jelas jangan meninggalkan nilai budaya. Seperti danau kecil yang memiliki warna biru ini, tadi mengulas di dalamnya terdapat nilai sejarah dan budaya nenek moyang terdahulu, seperti di dalamnya air itu ada batu pangcalikan,” pungkasnya. (***)

Share It.....