Tari Topeng Cirebon Serentak di Enam Titik “THE GATE OF SECRET”

WBN, CIREBON – Dalam rangka menyambut hari jadi kota cirebon yang ke-651 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Cirebon menyelenggarakan kegiatan Pagelaran Tari Topeng Serentak di enam titik Lokasi di Kota Cirebon. Diantaranya di Hotel Prima, Gedung Negara Krucuk, Gua Sunyaragi, Grage City Mall dan stasiun televisi RCTV. (15/08)

 

Semua kegiatan tersebut langsung disiarkan secara live di rctv dalam acara talkshow dengan Kadisbudpar Kota Cirebon. Kegiatan pagelaran tersebut diambil dari sanggar sanggar tari/seni yang ada dikota Cirebon sebanyak 6 sanggar seni tari.

 

 

Dalam kesempatan itu Kabid Pariwisata didampingi Kabid Kebudayaan menyampaikan keinginan dan harapannya agar pariwisata dan kebudayaan dikota cirebon bangkit sehingga mampu menambah PAD Daerah. Sesuai dengan tema Memayu Charuban Jati DisParBud Kota Cirebon sedang mempercantik dan memperindah kota Cirebon agar bisa menarik para wisatawan lokal maupun internasional dan berharap kegiatan seperti ini bisa berlanjut terus terutama dihotel hotel berbintang agar memberikan ruang juga utk pagelaran pagelaran seni dan budaya cirebon disamping memperkenalkan kepada para tamu hotel juga bisa membantu para seniman meningkatkan ekonominya.contoh seperti didaerah lain seperti Pulau Bali yang menampilkan kesenian dan budayanya kepada para tamu hotel.

 

 

Meski hanya satu jam pertunjukan seni tersebut diharapkan menjadi pemicu agar bisa diterapkan secara rutin dan menyeluruh di hotel hotel berbintang lainnya.

 

Lebih lanjut pak Wandi Menuturkan kegiatan menyambut HUT Kota Cirebon ini akan dilaksanakan juga upacara dan kegiatan adat cirebon lainnya yang berpusat di Balaikota Cirebon tanggal 19 dan 20 Agustus Besok. meski kegiatannya nanti tidak akan mengundang Masyarakat Banyak mengingat Pandemi Covid19 dan protokol kesehatan yang harus diterapkan.

 

 

Kemudian kegiatan DisParBud dilanjutkan dengan mengontrol dan mengecek Standar Kesehatan Covid19 ke tempat hiburan dan Hotel Berbintang dan Hotel standar lainnya ini dilakukan rutin oleh Kabid Pariwisata dan Jajarannya khususnya selama Pandemi covid ini Berlangsung.

 

Rudjul&tim