Acara Keagamaan Balai Kentongan  Di Pura Puncak Gunung Agung 

WBN.Tanah bumbu-Acara keagamaan Hindu Balai kentongan. Dipura puncak gunung agung di desa maju sejahtra kecamatan karang bintang kabupaten tanah bumbu.

 

Balai kentongan diadakan setiap tahun oleh suku bali yang beragama hindu,Menurut cerita para tokoh agama hindu balai kentongan ini adalah adat tradisional yang turun temurun di adakan oleh suku bali

 

Sebelum acara balai kentongan di mulai terlebih dulu para tokoh agama melakukan sembayang atau ritual di pura candi agung.ada juga juga ritual di adakan di sumur dengan membawah sesajin dengan berpakain serba putih adat bali

 

Balai kentongan cuma dihadiri para tokoh agama hindu,dan tokoh masyarakat setempat.tidak hanya tokoh agama dan masyarakat saja yang hadir tapi juga calon bupati tanah bumbu dr.Zairullah juga sempat hadir diacara ini dengan di dampingi anggota DPRD kabupaten tanah bumbu (10/11)

Begitu calon bupati nomor urut 03 turun dari mobil langsung disambut Oleh panitia balai dan dikasih sarung satu persatu sebagai tanda terimakasih mereka kepada dr.zairullah yang berkenang hadir diacara balai kentongan di pura candi agung desa maju sejahtrah.

 

dr.Zairullah sendiri tidak memberikan kata sambutan hanya saja duduk berbincang bincang sama panitia dan para tokoh agama hindu.

 

Panitia juga sangat senang zairullah mau datang ke acara ini walaupun sebentar katanya, saya senag  zairullah datang, karna sudah lama ditunggu baru kali ini datang ke pura candi agung.

 

Ada beberapa tokoh adat bali di tanya apakah siap mendukung dr.zairullah serentak mengatakan suku bali yang ada di karang bintang siap memenangkan pasangan zarullah-M.Rusli menjadi bupati tanah bumbu priode 2021-2024.

Reporter Cambong Ogi