Menyambut Tahun Baru Imlek Ke-2571, Persatuan Liong dan Barongsai Meramaikan ITCenter Manado

 

WBN, Manado, SULUT – Pengurus Provinsi ( PENGPROV) Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia ( PLBSI ) Bekerja Sama bersama Pusat Perbelanjaan ITCenter, Menggelar Festival Imlek Barongsai PLBSI Sulut Manado 2020,Kamis (23/01).

 

Dalam Rangka Memeriahkan Perayaan Tahun Baru Imlek 2571,Atraksi Barongsai dan Kungfu Tradisional PLBSI Menjadi Tontonan Masyarakat Kota Manado yang bertepan berkunjung kelokasi perbelanjaan ITCenter manado yang berada di jalan Piere Tendean, Wenang Sel. Kec. Wenang.
Ketua Pengprov PLBSI Sulut Syane Loho, S.H Mengatakan “Untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2571 Barongsai dan kungfu tradisional sudah menjadi Agenda setiap tahunnya dan memang Barongsai merupakan bagian organ dari kegiatan Tahun Baru Imlek ini, PLBSI bertujuan mengenalkan kepada masyarakat Sulut sekitarnya bahwa Barongsai adalah bagian dari Olahraga rekreasi Masyarakat kota manado ” Tutur Ci Syane berprofesi Notaris.

Sekitar Seribu Orang Nampak memadati depan pintu masuk area ITCenter hanya untuk menonton pertunjukan atraksi akrobatik Barongsai dan Beladiri Kungfu.
Nampak hadir bersama Owner IT Center yang juga Penasehat PLBSI Jemmy Asiku, ketua Garuda Putih Minaesa Lexi Datau, pemerintah kota manado Lurah Wenang Selatan dan pemerhati Barongsai.

Ditengah pertunjukan barongsai yang lebih unik serta mengesankan akrobatik barongsai mengunjungi semua Gerai tenan di enam lantai untuk memakan Angpao bertulisan huruf china yang berisi uang dan di percaya bahwa membawa keberuntungan demikian yang di jelaskan arti dan makna barongsai memakan angpao oleh Ketua Panitia Festival Imlek Barongsai PLBSI Sulut Tonaas Tevri Ngantung, S.E kepada wartawan.

Kanan, Ketua Panitia Festival Imlek Barongsai PLBSI Sulut Tonaas Tevri Ngantung, S.E

 

“Seni Barongsai adalah tarian singa yang berkolaborasi dengan musik tradisional, berkaitan dengan Tahun baru Imlek ini tujuan nya untuk memasyarakatkan Olahraga rekreasi masyarakat dalam rangka mensemarakkan Tahun Baru Imlek 2571 dan makna dari angpao yang di gantung agar dimakan oleh penari Barongsai sangat bermakna dan bertradisi dipercaya akan membawa keberuntungan di tahun 2020 bagi gerai yang menyediakannya.” Tutup Tevri sebagai salah satu Tokoh Muda perintis pelestari Barongsai di kota manado.

Penulis : Tevri Ngantung |redpel ndra