Phinisi Global Foundation Kerjasama LP2M UIN Alauddin Makassar Gelar Workshop Publikasi Jurnal

 WBN, SULSEL – Phinisi Global Foundation Kerjasama Lembaga Penelitian Penalaran dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin Makassar Gelar Workshop Publikasi Jurnal One Day Coaching Clinic for Academic Writing di Lantai 7 Hotel Ramedo Jalan Andi Djemma, Sabtu (07/03/2020) kemarin.

Kepala LP2M UIN Alauddin Prof. Muhammad Ramli, M.Si dalam sambutannya, mengatakan One Day Coaching Clinic for Academic Writing sangat penting untuk mempublikasikan hasil penelitian.

“Menjadi Guru Besar itu bisa dicapai dengan mempelajari hal-hal terkait penulisan hingga publikasi jurnal. Ilmu ini sangat penting bagi Dosen, agar dapat mempublikasikan penelitian-penelitian yang dilakukan pada jurnal-jurnal Internasional bereputasi.” Sahut Dosen Kebijakan Publik tersebut.

Tampak Narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Supriadi, S.Pd., M.Pd yang saat ini menjabat sebagai Ketua Prodi PGSD UPI Serang. Ia juga Dosen Pendidikan Matematika PGSD UPI Serang dan Dosen-dosen Pasca Pendidikan Dasar UT, serta reviewer jurnal skala Nasional dan Internasional.

Supriadi cukup gigih dan produktif dalam berkarya, ia telah menulis 8 buah buku ISBN, 7 buah Hak Cipta bidang Pendidikan Matematika, dan beberapa jurnal yang sudah dipublikasi International terindeks Scopus Q3 dan Q4.

Dalam coaching clinic kali ini narasumber membagikan kiat-kiat mengatasi hambatan psikologis dalam menulis jurnal International bereputasi, tips menulis jurnal Internasional dalam waktu singkat bagi pemula, mengenali jurnal International bereputasi (Q3 dan Q4) serta menghindari jurnal predator.

Pada sesi sore hari, peserta didampingi praktik proses penulisan hingga publikasi jurnal pada jurnal Internasional Q3 atau Q4. Peserta yang hadir cukup antusias dalam pembelajaran ini, dalam satu hari mempelajari segala hal tentang jurnal.

Peserta yang hadir bukan hanya dari UIN Alauddin, tapi banyak dari kampus lain seperti Unhas, UNM, Akper Pelamonia, Universitas Muhammadiyah Makassar, Patria Artha, Universitas Sulawesi Barat, Stikes Mega Buana Palopo, Akper Batari Toja Bone, Stikes Panrita Husada. ( Heriyanto | redpel ndra )