PHBS Program Unggulan KKN Angkatan 63 UIN Alauddin Posko Bayondo  Luwu Timur

WBN, SULSEL– Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 63 UIN Alauddin Makassar posko Desa Bayondo Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur menggelar seminar Program Kerja (Proker) di Aula Kantor Desa Bayondo.

Hasil seminar tersebut, Penyuluhan Kesehatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan program unggulan. Hal itu disampaikan Koordinator Desa KKN Angkatan 62 Posko Bayondo, Yuliadi Yusuf melalui keterangan tertulisnya, Rabu (11/03/2020).

“Penyuluhan kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan program unggulan posko 7 Desa Bayondo, terutama dalam mengajarkan anak sekolah cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut World Health Organization (WHO) berhubung marak-maraknya isu Virus Corona,” terangnya.

Kegiatan seminar program kerja dibuka secara resmi Kepala Desa Bayondo yang diwakili Sekretaris Desa Bayondo Indra Susanto. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan mahasiswa KKN dapat berpartisipasi mengsukseskan lomba Desa.

“Terkait dengan pelaksanaan seminar ini, saya harapkan kepada mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Desa Bayondo agar kiranya turut andil dalam mensukseskan lomba desa, karena Desa Bayondo merupakan Desa yang menjadi perwakilan untuk mewakili Kecamatan di lomba Desa tingkat Kabupaten,” ujar Indra Susanto.

Seminar Proker ini dihadiri tamu undangan kurang lebih 50 orang diantaranya Kepala Badan Permusyawaratan Desa, Imam Desa, Kepala Dusun di Desa Bayondo, Pembimbing Kecamatan Tomoni yang di wakili oleh Koordinator Kecamatan Tomoni, Aparat Kantor Desa, Ketua-ketua RT, Tim PKK Desa Bayondo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan perwakilan masing-masing posko KKN UIN Alauddin Angkatan 63 yang ada di kecamatan Tomoni.

Adapun Proker yang diseminarkan yaitu Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), program Pembelajaran Bahasa Asing (Arab dan Inggris), program Penyuluhan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Mengajar disekolah dan Bakti Sosial.

Terakhir, seminar Proker ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama, antara mahasiswa KKN Angkatan 63 dengan tamu undangan. ( Heriyanto | redpel ndra )