Pra UKW Via Aplikasi Zoom digelar DPP MOI

Jakarta.WBN – Sebagaimana diketahui MOI yang akan berusia dua tahun tanggal 28 September 2020, pasca pelaksanaan Rakernas di Jakarta telah mengagendakan untuk membuka Cabang di 34 Propinsi serta memiliki anggota perusahaan media online berbadan hukum minimal 200 perusahaan untuk dapat menjadi anggota Dewan Pers.

“Karena itu selain mempersiapkan persyaratan untuk ke Dewan Pers, MOI juga secara simultan melaksanakan uji kompetensi bagi anggotanya. Namun terkendala Pendemi Covid-19, kita lakukan Pra UKW melalui Video Conference,” tegas Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM LIRA itu.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Media Online Indonesia (MOI) akan melakukan pelatihan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada wartawan anggota melalui Video Conference (ZOOM) bekerjasama dengan Solopos Institute.

Kegiatan tersebut menurut Sekretaris Jenderal DPP MOI, HM. Jusuf Rizal dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para wartawan media online sebelum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai salah satu persyaratan menjadi anggota Dewan Pers.

Dikatakan, melalui pelaksanaan Pra UKW ini diharapkan para wartawan anggota MOI lebih memahami tentang teknik jurnalistik yang baik. Profesional, Kritis dan Konstruktif. Memahami kode etik yang tidak melanggar UU Pokok Pers maun UU ITEE.

Bagi wartawan anggota MOI yang berminat dapat mendaftar melalui Ketua Harian DPP MOI, Siruayan Utamawan.

Berdasarkan catatan redaksi MOI didirikan sejumlah tokoh pers dan Ketua Umum MOI adalah Rudi Sembiring Meliala, Ketua Harian, Siruayan Utamawan, Sekretaris Jenderal, HM.Jusuf Rizal dan Bendahara Umum, Hj. Candra Manggih. Reporter (Johan Sopaheluwakan)