Sejumlah Budayawan dan Seniman Grudug Gedung DPRD Ciamis

WBN, Ciamis, Jawa Barat – Setelah beberapa minggu lalu viral di medsos terkait wisatawan lokal penginjakan kaki di batu lambang peribadatan situs karang Kamulyan Ciamis, oleh rombongan yang mengaku sedang melakukan penelitian di lokasi situs karang Kamulyan Ciamis. Ratusan seniman serta budayawan dari Ciamis juga dari Tasikmalaya mendatangi gedung DPRD Ciamis. Diterima oleh ketua DPRD Ciamis H. Nanang Permana, S.H. beliau mendukung sepenuhnya upaya hukum yang telah dilakukan oleh dewan kebudayaan Ciamis agar ada efek jera bagi pelaku & orang yang akan melakukan hal yang sama. (17/10)

Dukungan juga dilontarkan oleh pimpinan fraksi & anggota komisi D, DPRD Ciamis. Acara tersebut selain dihadiri seniman & budayawan juga hadir kadisbudpora Ciamis dan kawargian adat kabuyutan Ciamis. Setelah acara selesai dilanjutkan ke lokasi situs karang Kamulyan Ciamis untuk ziaroh ke para leluhur Galuh juga melakukan prosesi pembersihan kembali batu lambang peribadatan dengan air dari berbagai sumber mata air keramat yang berada di ciamis.

 

Prosesi pembersihan tersebut dilakukan oleh 9 orang tokoh seniman & budayawan Ciamis. Maksud kedatangan rombongan seniman & budayawan ke situs karang Kamulyan, selain mendoakan para leluhur Galuh juga mendoakan agar tidak terulang lagi kejadian serupa di masa yang akan datang.

 

Hidayat | redpel ndra