Komunitas Perawat Pulau Lakukan Gerakan penghijauan di Sabu Raijua

 

WBN,Sabu Raijua NTT– Untuk kesekian kalinya Komunitas parawat pulau melakukan gerakan merawat pulau Sabu Raijua dengan melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam puluahan anakan pohon Flamboyan yang berlokasi di Desa Eilogo, Kecamatan Sabu Liae, Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (20/02/2021). kegiatan penghijauan kali ini merupakan kolaborasi antara Komunitas Perawat Pulau dengan Pemerintah Desa Eilogo. Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Kepala Desa Eilogo, Heo Nelson Penu Weo dengan mengikutsertakan seluruh perangkat desa eilogo dan masyarakat sekitar .

Kades Eilogo, Heo Nelson Penu Weo ketika dihubungi media ini melalui sambungan seluler,  menyampaiakn terima kasih kepada Komunitas perawat pulau atas gerakan penghijauannya yang dilakukan di desa Eilogo.

Lebih lanjut menurut kades Eilogo, dalam hal mendukung kegiatan kelestarian lingkungan hidup, pemerintah desa Eilogo melalui Dana desa telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan anakan tanaman buah-buahan.

“berkaitan dengan program penghijauan ,kami telah menganggarkan anggaran untuk pengadaan tanaman buah-buahan serta kami punya rencana kedepan akan melakukan penanaman pohon disepanjang jalan di desa eilogo kususnya pohon flamboyan seperti yang hari ini kita tanam sehingag desa ini akan hijau, indah,sejuk dan asri.” ujar Mado, sapaan akrab Heo Nelson

Terakhir menurut pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Desa Eilogo itu , telah menginstruksikan kepada seluruh masyarakat dan perangkat desa Eilogo agar merawat pohon yang telah ditanam serta menertibkan ternak warga yang sering dilepas yang dapat merusak tanaman yang hari ini mereka tanam. Selain itu ia juga menghimbau agar seluruh masayarakat mentaati protokoler kesehatan dalam rangka memutuskan penyebaran Covid 19 di Sabu Raijua terlebih kusus di Desa Eilogo.

Terpisah, Jefrison Hariyanto Fernando sebagai anggota komunitas Perawat pulau ketika diminta komentarnya terhadap kegiatan hari ini mengatakan bahwa kegiatan penghijauan yang mereka lakukan merupakan sala satu tekad dari komunitas Perawat pulau untuk merawat dan menghijaukan pulau Sabu Raijua.

“kegiatan penghijauan seperti ini sudah menjadi tekad dari seluruh teman-teman perawat pulau dalam menghijaukan Sabu Raijua tercinta, “katanya ketika dihubungi WBN

Lebih lanjut, ia menguraikan bahwa hingga saat ini komunitas perawat pulau telah melakukan penghijauan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sabu Raijua. Adapun anakan yang selama ini mereka tanam merupakan bantuan dari Lsm Pikul dan Geng Motor Imut serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sabu Raijua.

Kitu Dimu,sala seorang warga Desa Eilogo yang turut mengambil bagian dalam kegiatan penghijauan tersebut, kepada media ini menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan seperti ini adalah bentuk peran manusia untuk menjaga lingkungan agar tetap indah, sehingga ia sangat berterima kasih kepada para perawat pulau dan kepala desa eilogo yang telah mengngagas kegiatan penghijauan seperti ini di desa eilogo.

“saya sebagai warga desa eilogo sangat berterima kasih kepada perawat pulau dan pemerintah desa Eilogo yang melakukan penghijauan hari ini, menurut saya menanam pohon sama halnya dengan kita merawat alam yang selama ini memberikan kehidupan bagi kita ”ujarnya

Sebelumnya, Komunitas Perawat pulau yang berkolaborasi dengan Lsm pikul dan Geng Motor imut telah melakukan penanaman pohon berupa mahoni, sengon laut, kelor dan pinang sebanyak 10.000 anakan yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Sabu Raijua .

Reporter JHF

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •