Kapolda Jawa Barat Tinjau Lokasi Ledakan Kilang Pertamina RU VI Balongan

 

WBN, INDRAMAYU – Kepulan asap kebakaran masih membumbung tinggi di area Kilang Minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Senin pagi.(29/3/)

Insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.
Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api, Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, Namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.
Saat ini juga Pertamina RU VI Balongan tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran. Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi bagi masyarakat di sekitar RU VI Balongan yaitu di GOR Bumi Patra dan Pendopo Indramayu.
Proses evakuasi dilakukan oleh tim gabungan dari Polres Indramayu, Brimob Detasemen C Cirebon, Polairud Polres Indramayu, Kodim 0616 Indramayu, Batalyon Arhanudse Cirebon, Korem 063 Sunan Gunungjati.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 21 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu.

Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri bersama Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang, S.I.K, MH., Serta Bupati Indramayu Nina Agustina tinjau langsung ledakan Kilang RU VI Pertamina Balongan Indramayu.
Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri dalam peninjauan langsung mengungkapkan ” Upaya pemadaman telah dilakukan dan telah diupayakan dilokalisir. Menurut informasi dari pihak Pertamina upaya pemadaman terus berjalan. Termasuk pengiriman bantuan dari Cilacap dan Jakarta,” katanya.

Kemudian dari pihak Pertamina telah melakukan isolasi untuk mencegah kebakaran meluas. Nantinya pemadaman akan dilakukan menggunakan foam.

Sejauh ini diinformasikan terdapat tiga tangki di Kilang Minyak Balongan Indramayu yang kebakaran hingga Senin pagi ini, Sementara kepulan asap masih terlihat di area kilang.

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.
Reporter ( Cp.Enjoy )

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •