Gandeng PTTEP, Julie Laiskodat Jawab Masalah Air Bersih Warga Terpencil Ri’a 1 Ngada

WBN │ Anggota DPR RI Komisi IV Daerah Pemilihan NTT, Julie Laiskodat berhasil menjawab kerinduan warga terpencil Desa Ri’a 1, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada, Flores melakukan pemenuhan fasilitas air minum bersih, (26/11/2021).

Pembangunan fasilitas air bersih bagi Warga Desa Ri’a 1 merupakan salah satu masalah yang sulit dipecahkan sebelumnya, sebab wilayah ini cukup terisolir, dengan jarak tempuh lumayan jauh dari ibu kota Kabupaten Ngada. Desa Ri’a 1 adalah salah satu desa terpencil yang berada di kawasan pegunungan dengan akses jalan menuju desa itu masih berupa jalanan tanah. Selainitu wilayah ini masih tertinggal pemenuhan penerangan listrik negara.

Sebelumnya, sejumlah upaya pembangunan fasilitas air bagi warga desa yang satu ini memang sudah dilalukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada, namun belum menuai hasil maksimal. Pemda Ngada juga membangun sejumlah embung di wilayah ini.

Berbagai keterbatasan di Desa Ri’a 1 juga terjadi pada sektor pelayanan kesehatan yang juga emprihatinkan. Mereka memiliki Puskesmas dan Tenaga Medis, namun karena ketiadaan layanan listrik negara, Puskesmas mereka hanya mengandalkan genset yang sangat terbatas bahan bakarnya.

Rangkuman Pers Warisan Budaya Nusantara, pelayanan pasien Ibu melahirkan misalnya, keluarga pasien harus membawa serta dengan solar untuk mengantisipasi stok bahan bakar genset miik Puskesmas setempat.

Sementara itu, untuk bisa mendatangkan seliter bahan bakar solar, mereka harus membelinya di lokasi yang cukup jauh, melewati jalanan buruk, licin dan bebatuan, dan resiko kecelakaan cukup tinggi.

Saat ini, salah satu aspek kebutuhan dasar yakni fasilitas air bersih yang sebelumnya sulit terjawab, setelah melewati penantian panjang itu akhirnya terjawab,

Dengan melewati berbagai tantangan, pembangunan Sumur Air Bersih Desa Ri’a 1 rampung dikerjakan. Anggota DPR RI Komisi IV Julie Laiskodat beserta Pemerintah Daerah Ngada meresmikan fasilitas air bersih Warga Ri’a I, (26/11).

Pembangunan sumur air bersih digagas oleh Julie Laiskodata dengan menggandeng mitra Swasta, Perusahaan Minyak Nasional asal Thailand, PTTEP yang beroperasi di Indonesia.

Delapan bulan bekerja membangun sumur air bersih Desa Ri’a I, General Manager PTTEP Indonesia, Grinchai Hattagam menyampaikan terimakasih pada segenap pihak dan Julie Laiskodat yang telah menjalin kemitraan hingga berhasil menjawab kerinduan masyarakat Ri’a I.

PTTEP Indonesia berharap, dengan adanya fasilitas sumur air bersih, dapat menambah semangat warga dalam meningkatkan kualitas hidup. General Manager PTTEP, Grinchai Hattagam dalam keterangannya kepada masyarakat mengungkapkan turut bahagia karena pihaknya dapat berkontribusi dalam pembangunan untuk masyarkat Nusa Tenggara Timur. Dia berharap sumur air bersih dapat memacu peningkatkan ekonomi Desa Ri’a 1.

Simak video news / laporan liputan WBN :

WBN│Editor-Aurel

Share It.....