Pemdes Legok Gelar Sedekah Bumi dengan Doa Bersama

WBN | INDRAMAYU – Pemerintah Desa (Pemdes) Legok, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menggelar acara sedekah bumi di areal pesawahan blok Kolot, ratusan tumpeng pun memadati areal tersebut, Rabu (23/11/2022).

Kepala Desa Legok Kuwu Arih Jaharih mengatakan, kegiatan sedekah bumi merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh pemdes dan masyarakat desa Legok sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan hasil bumi yang melimpah untuk masyarakat.

“Kegiatan sedekah bumi diisi dengan menggelar doa bersama,” ungkapnya.

Arih Jaharih berharap, kegiatan sedekah bumi ini bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dan silaturahmi masyarakat.

“Harapan kami dengan melakukan kegiatan ini mudah-mudahan masyarakat desa Legok akan lebih maju/hebat dan hasil buminya akan melimpah,” harapnya.

Terpantau, tumpeng dan aneka makanan tradisional itu dibuat oleh warga setempat dalam rangka sedekah bumi atau Doa Bersama yang diselenggarakan setahun sekali sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas panen, rejeki dan kesehatan warga setempat. Doa dan tahlil pun dimulai. Warga nampak khusyu dan khidmat mengikutinya. Setelah selesai, panitia sedekah bumi membagikan makanan (brekat) kepada warga yang datang di dalam area persawahan tersebut.

Dijelaskannya Arih Jaharih, tradisi sedekah bumi/doa bersama di wilayah setempat sudah berlangsung turun-temurun, yang merupakan warisan nenek moyang kita, dengan doa dari kita sebagai penerus perjuangan dari nenek moyang kita, harapannya masyarakat desa Legok Guyub Rukun tetap terjaga.

“Doa dan tahlil ini setiap acara sedekah bumi, tujuannya memohon kepada Allah SWT supaya diberi kesehatan, kemudahan rejeki dan sebagai ungkapan rasa syukur,” jelasnya.

Acara doa bersama sedekah bumi berjalan lancar sesuai dengan harapan Pemdes Legok.(Anton K)

Share It.....