Plt Kadisdik Sulsel Peringatan Hardiknas di masa Pandemi Covid-19

Makassar,-Peringatan Hardiknas kali ini dilakukan dengan Videoconfrence atau daring, diawali dengan pengantar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Dr. H. Basri, SPd.MPd, kemudian dilanjutkan dengan sambutan pengarahan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah.

Peserta Hardiknas nampak hadir masing-masing di kediamannya antara lain anggota DPRD Komisi E Sulsel, Kemenag Sulsel, TGUPP, Ombudsman, Kepala LPMP, Dewan Pendidikan, para Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota se Sulsel, Dewan Pendidikan Kabupaten Kota, para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII, IGI, PGRI, Pengawas dan para Kepala Sekolah se Sulsel.

Peringatan Hardiknas di masa pandemi covid-1, kata Nurdin Abdullah, pemerintah tetap harus hadir memenuhi hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan. Namun ia mengingatkan untuk mengutamakan kesehatan lahir dan bathin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan khususnya di bidang pendidikan, yaitu belajar dan bekerja di rumah dalam masa darurat covid-19.

Untuk mendukung Belajar Dari Rumah (BDR), Nurdin Abdullah mengajak seluruh lapisan masyarakat, orang tua dan praktisi pendidikan untuk membangkitkan motivasi peserta didik sebagai generasi bangsa untuk memiliki karakter yang kuat menghadapi dinamika kehidupan yang cepat sekali berubah.

“Mari kita konsentrasikan segenap potensi yang kita miliki untuk melawan covid-19 dan terus memberikan hak pendidikan pada anak-anak kita, kepada satuan pendidikan diminta untuk bisa mengidentifikasi anak-anak kita yang terkena dampak covid-19,” ujar Nurdin Abdullah.

Pada kesempatan yang sama Bupati Bantaeng dua periode ini menegaskan tidak ingin ada anak lulusan SMP tidak tertampung dalam PPDB tahun ini.
Usai pengarahan Gubernur Sulsel, acara dilanjutkan dengan dialog pendidikan dengan tema ‘Memenuhi Hak Pendidikan Anak di Masa Covid-19’. dengan menghadirkan narasumber Prof Heri dari TGUPP, Dr. Adi Suryadi Culla dari Dewan Pendidikan Sulsel, dan Arum Spink dari Komisi E DPRD Sulsel.
Turut mendampingi Plt Kadisdik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulsel H.Hery Sumiharto, Kabid SMK Hj.Andi Ernawaty, Kabid SMA H.Sabri, Kabid GTK Melvin Salahuddin, Kepala UPT PTIKP, Hj. Andi Hidayati dan sejumlah Kepala SMA.***