Gempa Bumi di Luwu Timur Tidak Berpotensi Tsunami

Luwu Timur, Sulsel,- Setelah Banjir bandang terjadi di Luwu Utara, kini Sulsel kembali dikagetkan dengan Guncang Gempa di Luwu Timur.

Wilayah Tomoni di Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan diguncang Gempa Bumi berkekuatan Magnitudo M4,2, Sabtu malam (13/6/2020), pukul 22.45 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Bidang Mitigasi gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  Daryono mengatakan sejak Rabu, 22 Juli 2020 pukul 23.21 WIB hingga Kamis, 23 Juli 2020 pukul 22.03 WIB sudah terjadi aktivitas Gempa di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, sebanyak 14 kali. Tiga kejadian di antaranya guncangannya dirasakan.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 2,46 Lintang Selatan (LS) dan 120,72 Bujur Timur (BT).

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan gempa tersebut termasuk gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Soroako yang berdekatan dengan pusat episenter.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ungkap Darmawan.

Darmawan menambahkan bahwa gempa bumi ini dirasakan II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) di Soroako Luwu Timur. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Reporter Herman