Haru Pemakaman Mayjend Pol. Purn, I Gusti Made Putera Astaman

WBN, Jakarta – Haru isak tangis keluarga mengantarkan diposesi pemakaman, Mayor Jenderal Pol. (Purn) I Gusti Putera Astaman di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, sebelumnya di kebumikan, Posesi ritual adat keagaman keluarga di lakukan, di lanjutkan Penyerahan Jenasah dari Pihak Keluarga ke Pihak GARNISUN dan Prosesi Pemakaman Secara Militer ( POLRI ). Pencetus “Samsat” sekaligus mantan Deputi Kapolri ini dimakamkan sekitar pukul 11 siang, Rabu (18/11).

Jenazah almarhum tiba di Kalibata sekitar pukul 11:15. Adapun yang bertugas sebagai Inspektur Upacara yakni Irjen Pol Drs. Priyo Widiyanto, MM. Selanjutnya Prosesi Pemakaman Secara Militer ( POLRI ). Diikuti peletakan karangan bunga oleh Ketua Umum (Pepabri) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, dan Jenderal Polisi (purn.) Bambang Hendarso Danuri, Laksamana TNI (P) Achmad Sutjipto, KJP (P) Yun Mulyana, Mayjen TNI (P) Akip Renatin, Mayjen TNI (P) Suwisma, Bpk. Joko Saksono, Kombes Pol. (P) Endang Yudhana, IGK Manila, KJP (P) Ahwil Luthan dan . IJP (P) Sunarko DA. Setelah itu dilakukan penaburan bunga oleh keluarga besar dan para hadirin.

Tampak hadir di acara pemakaman itu beberapa tokoh nasional antara lain mantan Wakil Presiden Jendral TNI (Purn) Tri Sutrisno, Jendral Pol (purn) Bambang Hendarso Danuri, Komjend Pol (Purn) Ahwil Lutan, mantan Kepala BNN, beserta tokoh-tokoh nasional lainya. Para pengurus Organisasi BERSAMA juga Tampak hadir dalam penghormatan terakhir terhadap mantan Deputi Kapolri di bidang Operasi tersebut.

Sejarah Singkat Mayjend Pol. Purn, I Gusti Made Putera Astaman

Almarhum dilahirkan di Denpasar pada 10 Juni 1938. Almarhum meninggalkan seorang istri, I Gusti Ayu Made Sutiti dan 4 anak yaitu 3 pria dan 1 wanita, dan 8 cucu. Mayjen Putra Astaman meninggal di Rumah Sakit Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 13 November 2020 pukul 19:00 WIB. Beliau meninggal dalam usia 82 tahun Mayjen Pol (Purn) Putera Astaman dikenal sebagai konseptor Samsat dan Patroli Keamanan Sekolah saat menjabat sebagai Deputi Operasi Kapolri. Hal inilah yang menjadikan mantan Dirlantas Polda Metro Jaya ini dengan julukan “Mbah Samsat”.

tim red WBN