Jelang HUT Bhayangkara-76 Polres Ngada Gelar Donor 100 Kantong Darah
Kapolres AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K "Donor Darah

WBN │Polres Ngada, NTT kepemimpinan Kapolres AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K melaksanakan Bhakti Kesehatan Donor Darah dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2022. Kegiatan donor darah bertempat di Aula Polres Ngada, Selasa ( 7/6).

Dalam kegiatan tersebut Polres Ngada bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ngada, dengan mengusung tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh- Indonesia Maju.

Bhakti donor darah melibatkan Instansi terkait, Kodim 1625 Ngada, Personil Polres dan Polsek Jajaran serta sejumlah Bhayangkari Ngada.

“Kegiatan donor ini dilaksanakan melalui proses asesmen medis yang ketat. Diterapkan juga standar operasional prosedur (SOP) kesehatan. Tidak semua Anggota dapat melaksanakan donor darah, bergantung kelayakan atau kondisi fisik kesehatan masing-masing Anggota. Sebelum donor darah, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan dengan ketat,” tutur Kapolres AKBP Abilio Dos Santos, S.I.K.

Menurut Kapolres Ngada, selain dalam rangka menyambut hari Bhayangkara, kegiatan sosial donor darah juga bertujuan untuk menanamkan kepada Anggota Polres Ngada, jiwa pelayanan memberikan sumbangsih atas kebutuhan pasokan darah.

“Saya berharap kegiatan donor darah dapat membantu ketersediaan darah di PMI Kabupaten Ngada dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah”, tambah Kapolres.

Berikut kategori donor yang dilakukan, yakni golongan darah A, B, AB dan O.

Kasi Dokkes Polres Ngada, Penata Ermelinda Amaral, Amd.Kep selaku Ketua Seksi Bhakti Kesehatan mengatakan hasil donor darah untuk membantu Pemerintah setempat melalui UPT PMI Ngada dan demi ketersedian darah bagi pasien di Rumah Sakit Umum Bajawa.

“Target donor darah hari ini sekitar 100 kantong, terdiri dari semua jenis golongan darah A, B, AB, dan O”, ujar Ermelinda Amaral.


WBN│Editor-Aurel

Share It.....