Gandeng Multi Elemen, Bawaslu Ngada Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu
Anggota Bawaslu Ngada NTT, Timoteus E. Keli Sebo, S.IP

WBN │Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur kembali menggandeng sejumlah stake holder daerah dan melakukan Sosialsiasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum serentak tahun 2024, dilaksanakan di Aula Lantai 3 Hotel Corina Bajawa, Jalan A. Yani, Kelurahan Tanalodu, Bajawa, Flores, (15/11/2022).

Bawaslu Kabupaten Ngada melalui Timoteus E. Keli Sebo, S.IP kepada wartawan, (15/11/2022) menjelaskan dalam kesempatan tersebut Sosialsiasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum dilaksanakan melibatkan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Forum Kerukunan Umat Beragama, Ketua OMK Santo Yosef Bajawa, Ketua OMK MBC Bajawa, Remaja Masjid, Pemuda GMIT Bajawa, Perwakilan Organisasi Mahasiswa, Alumni SKPP Bawaslu Ngada, Ketua OSIS SMAK Regina Pacis Bajawa, Ketua OSIS SMAN I Bajawa, Ketua OSIS SMK Sanjaya, Ketua OSIS SMK PGRI Bajawa, Ketua NU dan Ketua GP Ansor Ngada.

“Kami terus mendorong partisipasi masyarakat yang melibatkan berbagai elemen atau stake holders demokrasi di Kabupaten Ngada, untuk menjadi pelaku pengawasan partisipatif pemilu, dengan cara membangun pemahaman yang utuh tentang pemilu, kesadaran untuk memilih, menjadi mitra informasi, maupun tentang pengawasan pencegahan dan tata cara melaporkan sebuah pelanggaran yang terjadi di lapangan”, ungkap Timoteus E. Keli Sebo, S.IP.

Pantauan WBN, dalam kegiatan ini Bawaslu Ngada juga menghadirkan Anggota KPUD Ngada turut membawakan materi dalam Sosialsiasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum serentak tahun 2024.

Dalam sesi dialog, sejumlah peserta forum nampak cukup menyoroti tentang minimnya pemahaman publik tentang Pemilu, yang menurut mereka diantaranya disebabkan oleh kurangnya sosialisasi yang melibatkan berbagai elemen dan bersama masyarakat di daerah.

Mereka juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada Bawaslu Ngada serta seluruh perangkat penyelenggara pemilu untuk terus mendorong pelibatan berbagai elemen dan masyarakat di daerah dalam gerakan membuka pemahaman tentang Pemilihan Umum maupun upaya membangun jejaring mitra pengawas partisipatif Pemilu.

WBN

Share It.....