Cerita Mistis Gua Batu di Wisata Alam Bantimurung Maros

Maros,WBN- Tempat wisata alam yang juga sangat terkenal di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, yaitu Bantimurung, dengan ciri khas Kupu Kupu serta Pantung Monyet yang bakal dijumpai pengunjung saat datang ke Wisata tersebut.

Selain pemandangan Air Terjun, juga banyak tempat yang bisa kita nikmati di wisata alam tersebut saat liburan bersama keluarga atau kerabat. Salah satunya Gua yang penuh mistis seperti yang diungkap beberapa warga di Kabupaten Maros yaitu Gua Batu atau masyarakat Maros sebut Gowa Batu.

Goa ini berdekatan dengan Danau Toalaka, danau indah dan tenang tetapi sering memakan korban sehingga dipagari kawat dan tertutup bagi pengunjung.

Bagian dalam gua dihiasi stalaktit dan stalagmit dengan bentuk-bentuk yang indah. Keberadaan gua yang juga dikenal dengan nama Goa Jodoh, ini disertai dengan cerita-cerita mistis.

Menurut warga di Kab.Maros, terdapat juga dinding dalam goa sebuah tempat berupa batu berbentuk cekungan yang dipercaya bisa memperlancar jodoh. Pengunjung yang percaya dengan hal seperti ini biasanya akan membawa pasangan yang ingin dinikahi, lalu bersama-sama naik ke cekungan untuk memanjatkan doa.

Selain itu juga sebagian pasangan muda mudi atau yang belum menikah, mereka membawa tali yang diikat di atas batu tersebut. Jika saat pasangan tersebut mengikat tali itu dan tiba tiba putus, maka pasangan tersebut bakal tak sampai di pelaminan, namun jika tali itu tak putus, maka pasangan tersebut bakal sampai kepelaminan atau menjadi suami istri.

Ada juga di sudut gua ada juga sebuah tempat yang katanya sebagai tempat bertapa raja Bantimurung. Lalu ada sumber air tawar berkhasiat yang konon jika digunakan membasuh muka akan membuat awet muda.

Itulah sebagaian cerita mistis yang biasa dibincangkan oleh Masyarakat Kabupaten Maros tentang Gua Batu yang berada di Wisata Alam Bantimurung.

Reporter Herman