Ukraina Menangkan Pertempuran Di Kharkiv

WBN │Pasukan Miiter Ukraina kembali ambil alih Kharkiv yang adalah Kota terbesar kedua di Ukraina, (14/5). Sebelumnya Kharkiv menjadi salah satu titik pertempuran sengit antara Tentara Ukraina dan Pasukan Rusia.

Kota ini terletak di Timur Laut Ukraina. Kharkiv atau Kharkov adalah Ibu Kota pertama Ukraina Soviet, yang selanjutnya merupakan Pusat Administratif Oblast Kharkiv dan juga Pusat Administratif Raion Kharkiv.

Kharkiv adalah pusat budaya, ilmu pengetahuan, pendidikan, transportasi dan industri Ukraina. Spesialisasi industri kota ini kebanyakan dalam bidang permesinan. Terdapat ratusan perusahaan industri di kota ini, diantaranya perusahaan raksasa terkenal dunia seperti Morozov Design Bureau dan Malyshev Tank Factory, pemimpin produksi Tank sejak 1930an, Hartron (Digantara dan Elektronik Nuklir dan Produsen Turboatom.

Melansir Alja Zeera,(14/5) Institute for the Study of War mengatakan bukti menunjukkan Rusia bergerak untuk mundur sepenuhnya di tengah serangan balik Ukraina yang kuat.

Sementara itu, Kepala Pentagon, Lloyd Austin dalam pembicaraan pertama dengan mitranya dari Rusia sejak perang dimulai, dikabarkan sudah mendesak gencatan senjata segera dilakukan di Ukraina.

WBN │Rangkuman Aktualita Manca Negara

Share It.....