Lomba Desa Tingkat Kabupaten Desa Tinumpuk Mewakili Kecamatan Juntinyuat

WBN, INDRAMAYU – Penilaiaan Lomba Desa Tingkat Kabupaten, dievaluasi. Dari 31 Kecamatan yang mewakili utusan-utusan Kecamatan masuk pada Lomba Tingkat Kabupaten. Salahsatunya Kecamatan Juntinyuat yang meliputi 12 desa, terwakili desa Tinumpuk. Tahapan ini sendiri dilakukan penilaian didesa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, pada Senin (23/5/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi penilaian administrasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa. Melalui kegiatan ini, Pemkab Indramayu akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa, terutama terhadap usaha Pemerintah Desa dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat desa.

Adapun indikator penilaiannya meliputi, Kemasyarakatan, Administrasi, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Adapun penilaian administrasi, di dalamnya profil desa.

Tim Penilai yang terdiri dari berapa SKPD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tati Rahmawati, S.Pd. M.Pd., mengatakan dengan penilaian sesuai dengan indikator yang ada. Pemenang lomba ini akan mewakili Kabupaten Indramayu untuk mengikuti lomba desa Tingkat Provinsi.

” Penilaian perlombaan desa tersebut mengandung makna tersendiri karena dapat memberi motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada,” jelas Tati Rahmawati.

Kuwu Desa Tinumpuk, Eka Munandar saat memberikan ekspose di hadapan tim penilai lomba Desa tingkat Kabupaten memaparkan, Pemerintahan Desa (Pemdes) Tinumpuk. Pemberdayaan masyarakat menjadi hal paling pokok dalam mengembangkan desa untuk lebih lestari. Selain sebagai salah satu elemen penting dalam implementasi UU desa, pemberdayaan masyarakat merupakan modal utama dalam membangun dan menggerakkan desa.

” Intinya untuk menjadikan desa memiliki identitas dan kekhasan dalam berkiprah. Apa yang menjadi prioritas kebutuhan desa dan masyarakat kami wujudkan secara maksimal,” ujarnya.

(Anton K)

Share It.....