Pemda Nagekeo Letak Batu Pertama Pembangunan Kantor Kelurahan Nagesepadhi

WBN │Pembangunan Gedung Kantor Kelurahan Nagesepadhi, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, NTT resmi mulai dikerjakan, Kamis, (11/8/2022,) ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Nagekeo, diwakili Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda Nagekeo, Drs.Imanuel Ndun, M.Si.

Pembangunan Gedung Kantor Kelurahan Nagesepadhi ini didanai melalui DPA Dinas PU-PR Kabupaten Nagekeo dengan pagu Anggaran sebesar Rp400.000.000.- (Empat Ratus Juta Rupiah).

Sejumlah pihak penting hadir mengikuti peletakan batu pertama, diantaranya Kepala Dinas Pertanian, Forkopincam Kecamatan Boawae, Lurah Nagesepadhi bersama staf, Ketua dan Anggota LPMK Kelurahan Nagesepadhi, para Tuan Tanah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan bersama undangan lainnya.

Acara Peletakan Batu Pertama didahului dengan Ibadat Sabda yang dipimpin oleh Pater Alan Jandon. Usai Ibadat sabda dilanjutkan dengan peletakan batu pertama yang diawali dengan penyerahan batu pertama oleh Tuan Tanah, Yohanes Ngaza Loda, sekaligus Kepala Lingkungan V Kelurahan Nagesepadhi kepada Bupati Nagekeo yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.Imanuel Ndun, M.Si mewakil Bupati Nagekeo pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk partisipasi dan kerjasama segenap komponen masyarakat Kelurahan Nagesepadhi terlebih kepada para tuan tanah yang telah merelakan tanahnya untuk pembangunan Kantor Kelurahan Nagesepadhi serta segala kelancaran kegiatan.

Dia juga meminta masyarakat mendukung kelancaran pengerjaan pembangunan Kantor Kelurahan Nagesepadhi untuk dapat selesai tepat waktu.

“Bangunan ini nanti digunakan untuk melayani masyarakat. Karena itu, minimal tidak saja dihasilkan oleh pemerintah tetapi juga keterlibatan masyarakat untuk mengawasi, mendukung dari aspek budaya, kerjasama dengan tidak menggangu jalannya pembangunan dan butuh partisipasi gotong royong dalam pembangunan gedung kantor kelurahan ini”, kata Imanuel.

Kantor Kelurahan, lanjut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nagekeo, hendaklah menjadi sumber solusi bukan sebagai sumber masalah.

“Suksesnya kegiatan ini, juga butuh kepedulian masyarakat yang dapat ditunjukan dengan tidak menciptakan hal- hal yang menjadi penghambat jalannya pengerjaan pembangunan gedung Kantor Kelurahan Nagesepadhi. Peduli untuk tidak membuat hambatan-hambatan. Kami berharap kerja sama semua pihak, segenap masyarakat Kelurahan Nagesepadhi..Saya ingatkan kantor lurah bukan sumber masalah tapi sumber solusi.. butuh kerjasama yang penuh kerukunan satu dengan yang lainnya sehingga kehidupan kedepan makin baik”, tambahnya.

Menurutnya peletakan batu pertama merupakan simbol yang berpuncak kekuatan utama yakni kehadiran Tuhan dan leluhur yang dipadukan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan, demi melahirkan banyak pemimpin.

“Hal itu dapat terjadi manakala masyarakat menjadi rahim yang baik dan sehat, cerdas baik secara budaya, etika dan keimanan. Karena itu, tempat yang kita bangun ini menjadi kekuatan utama lembaga yang memberi citra baik memperkuat perilaku sosial. Bupati berpesan,.agar seluruh masyarakat menjadi kekuatan utama, kekuatan budaya, dan kekuatan iman dan ketaqwaan sehingga kedepan kelurahan menjadi lembaga dengan kekuatan yang semakin baik”, ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua LPM Kelurahan Nagesepadhi, Antonius Adjo mewakili seluruh Masyarakat Kelurahan Nagesepadhi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Kantor Kelurahan Nagesepadhi.

“Pembangunan gedung kantor kelurahan ini menggantikan kantor lama yang sudah tidak layak menjadi perkantoran. Hari ini adalah hari bersejarah bagi kami masyarakat Kelurahan Nagesepadhi. Awalnya pembangunan gedung kantor kelurahan secara swadaya dan berdasarkan pertimbangan masyarakat karena gedung kantor sudah tidak nyaman, tidak layak dan tidak pantas lagi untuk dijadikan tempat pelayanan masyarakat. Terima kasih Bupati Nagakeo atas terjawabnya apa yang menjadi kebutuhan kami, dimana telah dilakukannya peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Kelurahan Nagesepadhi”, ungkap Ketua LPM Kelurahan Nagesepadhi, Antonius Adjo

Untuk pelayanan Pemerintah Kelurahan sementara menggunakan Balai Posyandu Lingkungan V Kelurahan Nagesepadhi Kecamatan Boawae, tambahnya.

Sumber : Prokopim (Merry Ixta / Humas NK)

WBN│ Wilibrodus-Nagekeo

Share It.....