108 views

Tari Topeng Kaliwungu, Gabungan Dua Kebudayaan Jawa Madura

6 / 100 Skor SEO

Lumajang,Jawa Timur – Tari Topeng Kaliwungu adalah salah satu tari tradisional yang ada di Kabupaten Lumajang, Tari Topeng Kaliwungu ini dibawa oleh orang-orang Madura saat migrasi ke Kabupaten Lumajang tepatnya di Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Doc. WBN lumajang Tari Topeng Kaliwung

Di Desa inilah Tari Topeng Kaliwungu dikembangkan, sehingga tari Topeng ini memiliki ciri khas gerak yang tidak dimiliki di kabupaten lain, sebab gerakkan ini adalah gerakan cakilan yang biasanya terdapat pada budaya Mataraman, sehinggga menjadikan Tari Topeng Kaliwungu ini menjadi Tari Topeng yang dapat memadukan dua kebudayaan yaitu antara Budaya Madura dan Budaya Jawa, biasa disebut Budaya Pandhalungan.

“Asal usul timbulnya tari Topeng Kaliwungu di Desa Kaliwungu ini karena adanya pengaruh budaya berupa kesenian yang dibawa oleh orang-orang dari daerah Madura yang mengadakan migrasi ke Kabupaten Lumajang, khususnya Desa Kaliwungu,” kata pencipta Tari Topeng Kaliwungu, Senemo.

Bentuk penyajian tari Topeng Kaliwungu dilihat dari temanya merupakan tari Tunggal, sedangkan tempat yang biasa digunakan untuk menyajikan Tari Topeng Kaliwungu biasanya disajikan dalam pentas yang berbentuk panggung proscenium.

Kata Senemo, seorang seniman asli Desa Kaliwungu, mengatakan juga jika Kabupaten Lumajang pernah promosikan kesenian Tari Topeng Kaliwungu dalam Asia Amazing Festival di Swiss beberapa waktu yang lalu.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, awalnya menerima undangan dari Kedutaan Besar Indonesia di Swiss terhadap sejumlah seniman Jawa Timur salah satunya seorang seniman tari kontemporer, Parmin Ras untuk tampil dalam sebuah Festival di Swiss.

Parmin Ras, seniman asal Surabaya yang beristrikan warga Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang ini kemudian mengajak seorang warga Lumajang selaku pegiat seni Tari Topeng Kaliwungu untuk ikut tampil dalam Festival tersebut

Dalam festival di Swiss itu, beberapa seniman Jawa Timur tampil bergantian. Seni Topeng Kaliwungu yang di desa asalnya lebih akrab disebut Tari Topeng Getak Kaliwungu merupakan wujud kombinasi antara tari Topeng Madura dan Tari Topeng Jawa.

Penulis Fuad
Red-Wbn Hs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *