Luwu Utara Berduka, Banjir Akibat Luapan Air Sungai Terjang Pemukiman Warga

Luwu Utara,WBN- Banjir susulan menerjang Luwu Utara, Sulawesi Selatan dini hari tadi. Banjir terjadi lantaran Sungai Masamba dan sungai Rongkong yang meluap akibat curah hujan yang tinggi.

Sebelumnya banjir telah menerjang kabupaten Luwu Utara beberapa hari belakangan dan kali ini terjadi di beberapa titik, Senin (13/07). Selain merendam rumah, banjir juga menghanyutkan rumah masyarakat.

BPBD pun telah melakukan evakuasi. Lalu evakuasi mandiri juga telah dilakukan oleh sebagian masyarakat yang rumahnya tergenang oleh luapan air.

“Sebagian masyarakat telah mengungsi untuk menyelamatkan diri masing-masing bersama keluarganya,” kata Kepala BPBD Luwu Utara, Muslim Mukhtar, Senin (13/07).

Muslim mengatakan, evakuasi mandiri tersebut dilakukan lantaran kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengevakuasi seluruh warga terdampak secara bersama-sama. Saat ini, kata Kepala BPDB Luwu Utara, warga sudah diarahkan menuju pengusian ke tempat yang lebih aman.

“Di sebabkan Kondisi tidak memungkinkan untuk kita lakukan evakuasi secara bersama sama, sehingga masyarakat mengavakuasi diri masing masing dan sebagian kita sudah tempatkan di gedung olahraga, di tempat yang di anggap paling aman untuk saat ini” tuturnya.

Evaluasi Warga Terdampak Banjir, Selasa Dini Hari, (14/07).
Ket Foto: Bangunan Terdampak Banjir Bandang Luwu Utara, Selasa (14/07)

Banjir yang terjadi di Luwu Utara itu juga terekam dalam sebuah video amatir yang viral di media sosial. Dari Video tersebut, terlihat warga yang terpaksa berpegang pada sebuah pohon dan juga jembatan.

BPBD bersama masyarakat sekitar pun kemudian mengevakuasi warga tersebut menggunakan alat berat serta alat seadanya.

Camat Masamba, Adjie Arifin, mengungkapkan, satu orang warga Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, bernama Bapak Arkam meninggal setelah terseret arus.

” Almarhum terseret air hingga di sekitar Desa Laba. Oleh warga, korban kemudian dievakuasi,” katanya saat dihubungi, Selasa (14/07/2020) dinihari.

Hingga Pukul 03:09 Wita, Dini Hari baru 1 di laporankan korban jiwa, terkait jumlah Korban jiwa akibat bencana banjir tersebut masih dalam proses pencarian dan evakuasi warga berdampak banjir.

Di ketahui selain merendam kelurahan Bone Tua dan Kelurahan Bone kec. Masamba dan kawasan Radda dekat Tugu Coklat, banjir juga melanda kawasan dekat jembatan Sungai Rongkong di Sabbang dan Tugu Durian.