Dieng Negri Khayangan, Perpaduan Antara Alam Dan Budaya

 

WBN, Banjarnegara, Jateng – Dataran tinggi Dieng disebut-sebut sebagai Kailasa dalam sebuah prasasti. Nah, arkeolog bilang Kailasa ini adalah puncak gunung yang dianggap suci di pegunungan Himalaya, Tibet. Letaknya berdekatan dengan gunung Everest. Kailasa di Himalaya adalah tempat yang suci bagi umat Hindu India.

Kawasan Dieng terletak di kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah Indonesia.
Dieng adalah perpaduan antara keindahan alam dan keunikan budaya, Beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan selama berada di Dieng adalah mengunjungi segitiga emas meliputi Candi Dieng, Kawah Sikidang dan Telaga warna.

Telaga Warna

Pengunjung yang datang ke Dieng rata-rata ingin menikmati obyek wisata maupun turut hadir dalam pelaksanaan tradisi keagamaan yang diselenggarakan oleh masyarakat Dieng. Udara yang sejuk, pertanian luas, pegunungan yang indah, danau yang alami serta budaya dan kuliner yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Kawah Sikidang

Secara geografis, candi-candi itu berada di desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo dan Dieng Kulon, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Di sebelah utaranya Kabupaten Kendal, Sedangkan barat lautnya Kabupaten Pekalongan. Kompleks candi Dieng yang luasnya diperkirakan mencapai 90 hektare tersebut berhiaskan lanskap gunung dan perbukitan, Di antaranya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Prau. Salah satu gugusan candinya, Arjuna, menempati lahan seluas 1 hektare di desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Di lahan yang sama dengan Arjuna, berdiri candi Semar, Srikandi, Puntadewa, dan Sembadra.

Tak diketahui mengapa penamaan candi-candi di Dieng yang berdasarkan tokoh-tokoh dalam kisah Mahabharata, misalnya Arjuna, Srikandi, Puntadewa, dan Sembadra. Masih ada lagi candi-candi lainnya yang juga dilabeli nama seperti dalam kisah Mahabharata. Apakah nama-nama itu memang merupakan nama candi saat dibangun pada abad 7 M atau pemberian masyarakat setempat setelah ditemukan kembali, masih menjadi tanda tanya.
Dieng Plateau merupakan sebuah dataran tinggi Dieng yang diapit oleh dua Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Obyek wisata Dieng Plateau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota, Bahkan sampai ada yang datang dari mancanegara.

Sejak dahulu Dieng Plateau sudah menjadi tujuan utama untuk berwisata bagi para peziarah, selain karena memiliki sejarah yang cukup banyak, hal ini dikarenakan Dieng memiliki lahan yang luas dan menantang bagi para peniliti. Dieng sendiri mempunyai makna yaitu dari kata Sansekerta diyang atau dihiyang yang berarti dataran tinggi yang terbentuk akibat letusan-letusan gunung berapi di sekitar.
Penulis ( Cp.Enjoy )