Wisata Mistis, Batu Pewadonan Indramayu

WBN, INDRAMAYU – Batu Pewadonan merupakan tempat yang sakral sehingga banyak di kunjungi, konon katanya untuk mendapat Keselamatan dan pengasihan. Batu Pewadonan terletak di Dusun Ciwado, Desa Cikawung Cikamurang, kec. Terisi, Kab. Indramayu

Watu Pewadonan merupakan petilasan (situs) budaya yang banyak dikunjungi terutama kaum wanita yang ingin lebih menarik terhadap lawan jenisnya, tempat itu banyak di datangi terutama pada hari jumat kliwon, mereka mengadakan ritual dengan di pandu oleh juru kunci yang kegiatannya berlangsung dari pagi sampai sore hari (Tidak menginap) setelah melakukan ritual mereka ada yang mencuci tangan, cuci muka, ada pula yang mandi.

Sekilas sejarah dari Situs Batu Pewadonan (alat kelamin wanita)
Tempat ini diyakini oleh masyarakat sekitar adalah petilasan pemandian Nyi Ratu Dayang Sumbi. Kisah Dayung Sumbi sendiri ada di cerita rakyat Sangkuriang yang ingin menikahi ibunya sendiri.
Bahkan wisata Mistis dan penuh misteri ini di waktu-waktu tertentu tempat ini ramai dikunjungi terutama bagi mereka kaum hawa yg ingin berendam di antara batu tersebut. Kemudian setelah mandi di tempat itu, Pakaian dalamnya dibuang ke tempat sekitar, Sehingga tidak heran banyak pakaian dalam yg terlihat di antara bebatuan dan pepohonan di sekitar tempat itu.

Namun yang jelas Situs Batu Pewadonan bentuknya dianggap mirip atau menyerupai “kepunyaan perempuan”, terletak di hilir sungai Cilalanang, sedangkan batu Pelanangan yang mirip atau menyerupai “kepunyaan laki-laki” berada di daerah hilir Cijambe.
Bahkan tidak jauh dari situs batu pewadonan tersebut, Masih ada batu lainnya yang berbentuk seperti tembok tinggi dan panjang yang dinamakan situs batu bubut. Situs ini diduga sengaja dibangun oleh leluhur Indramayu sebagai tanda batas daerah antara Kabupaten Indramayu dan wilayah Kabupaten Subang.

Benar atau tidaknya legenda tersebut tetapi legenda itu sudah menyebar secara turun temurun di masyarakat begitu pula tentang Watu Pewadonan boleh percaya boleh tidak semua berpulang pada keyakinan masing-masing.
( Cp. Enjoy )

 

Bagikan Info ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •