Wakili Gubernur Dondokambey,Kadisbudda Jenry Sualang Membuka Pesta Adat Borgo Babontehu

Manado, Sulut -Mewakili Gubernur Sulut, Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut Jenry Sualang SPd MAP menghadiri acara Pesta Rakyat masyarakat adat suku borgo babontehu yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ( AMAN) menyambut Tahun Baru 2020 yang di Ikuti seluruh pelaku adat budaya dan sub etnis kesukuan digelar di Kelurahan Bitung Karangria Manado, Selasa (07/01/2020).

Dalam sambutan yang disampaikan Kadis Kebudayaan Jenry Sualang, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE memberi apresiasi terhadap panitia pesta rakyat pembangunan di Kota Manado yang terus memajukan kebudayaan dibidang adat dan tradisi.

” Tentunya saya sangat apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kota Manado, khususnya masyarkat adat wilayah Kelurahan Bitung Karangria, yang hingga kini mengupayakan Pelestarian budaya untuk menunjang program dan Undang – undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan kebudayaan, Kita semua patut berbangga akan kesemuanya itu, namun juga harus terus menyadari bahwa rintisan karya dan kerja selama ini, perlu untuk terus ditingkatkan dan diparipurnakan, demi pencapaian derajat kesejahteraan bangsa yang setinggi-tingginya,” kata Gubernur, seperti dikutip Sualang.

 

Tidak saja itu, Gubernur Olly juga mengajak pemerintah dan masyarakat Kelurahan Bitung Karangria, untuk senantiasa bersinergi dan mendukung berbagai program kerja Pemerintah Provinsi, khususnya dalam aktualisasi program OD-SK untuk pengentasan kemiskinan serta pembangunan di sektor-sektor strategis seperti sektor pariwisata sebagai leading sector pembangunan daerah.

Pemerintah dan Masyarakat Kelurahan Bitung Karangria juga diharapkan senantiasa mampu mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki, utamanya di sektor pariwisata.

“Khusus untuk sektor pariwisata, maka saya menghimbau agar pemerintah dan masyarakat Kelurahan Bitung Karangria untuk terus mempersiapkan diri terhadap kunjungan-kunjungan turis ke daerah ini,” tandas Gubernur Olly.

Kesiapan yang dimaksud antara lain dengan terus mengupayakan perbaikan infrastruktur pariwisata, aksesibilitas ke daerah tujuan wisata, sektor pendukung, seperti: penginapan dan restoran, serta industri kreatif, sekaligus senantiasa menunjukkan keramahtamahan, agar para turis betah untuk tinggal berlama-lama di daerah ini.

Selain itu, Gubernur Olly juga mengajak masyarakat untuk bersikap waspada terhadap isu SARA yang memecah belah masyarakat, gerakan radikalisme dan terorisme.

Tari adat Hasa asal suku Borgo babontehu manado

“Jadilah masyarakat yang cerdas dan bijak dalam menanggapi isu-isu yang berkembang, pegang teguh dan amalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, gelorakan kembaIi semangat kebangsaan dan nasionalisme serta terus jaga kerukunan antar agama, golongan, suku, ataupun kelompok di daerah ini, demi keutuhan NKRI,” kutip Sualang.

Di akhir sambutan, Sualang mengajak masyarakat Kelurahan Bitung Karangria untuk terus meningkatkan produktivitas diri, tidak bermalas-malasan, berani berwirausaha dengan memanfaatkan potensi, talenta dan sumber daya yang dimiliki, cerdas memanfaatkan media sosial, serta senantiasa hadir sebagai fugur-figur penjaga kerukunan, toleransi dan keberagaman.

Dalam situasi musim hujan deras yang beratapkan Tenda dan nampak Hadir pada acara ini Camat Tuminting Olga Kaeng, Koramil, Kapolsek Tuminting bapak Andi , Lurah Bitung Karangria Riet Kampanang SPd,Pemegang sementara Ketua Lembaga Adat Pakasa’an Umbanua Wenang Tonaas Muda Tevri R Ngantung.SE, Pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat; Ketua Panitia Pelaksana Benny Heydemans dan masyarakat setempat.

Penulis : Tevri Ngantung |redpel ndra