Perkuat Ketahanan Pangan, Kabupaten Humbang Sumut Bangun Kawasan Lumbung Pangan

WBN │Satu lagi kawasan lumbung pangan (food estate) sedang dibangun di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara. Sedikitnya sekitar 215 hektare di Humbang Hasundutan dibangun kawasan hortikultura berisi tanaman bawang merah, bawang putih dan kentang.

Rangkuman tim media ini (29/10/2020), berbeda dengan kawasan pembangunan Lumbung Pangan Nasional di Kalimantan Tengah yang berisi padi dan singkong, untuk pengembangan awal di Sumatra Utara adalah hortikultura.

Tujuan pembangunan kawasan-kawasan lumbung pangan adalah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Selain itu, dalam pengembangannya, turut diupayakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya dan membuka peluang usaha secara lebih efisien.

Dikutip redaksi media ini, menurut pihak penaggungjawab pembangunan lumbung pangan horti, sekitar 2,5 bulan kedepan hortikultura yang dikerjakan saat ini sudah bisa diperkirakan hasilnya secara terukur.

Pasalnya, pembangunan lumbung pangan ini nanti mencakup luas lahan 30.000 hektare yang tersebar di sejumlah kabupaten di Sumatra Utara, yakni Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Bharat.

Tim│Ad│Redpel-ndra