Kabag Ops Polres Ngada Periksa Pos Pam Dan Pos Yan Ketupat Turangga 2023

WBN │Guna memastikan kesigapan personil pos pengamanan dan pelayanan pada pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2023 hari ke-2, Kabag Ops Polres Ngada NTT, Kompol Mei Charles Sitepu, S.H selaku Koordinator Umum Operasi didampingi Kasubbag Dalops Ipda Juliardi Sinambela, S.H selaku Ka Posko Ops, melakukan pemeriksaan ke pos pengamanan dan pelayanan di wilayah hukum Polres Ngada, Rabu (19/04/2023).

“Pengecekan pos pengamanan dan pos pelayanan yang kami lakukan ini dalam rangka mengecek kesiapan serta kesiap siagaan personil maupun sarana prasana yang telah didirikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat saat melakukan perjalanan mudik lebaran dan merayakan Idul Fitri tahun 2023. Selain itu arus balik mudik lebaran”, ungkap Kabag Ops Polres Ngada NTT, Kompol Mei Charles Sitepu, S.H.

Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan, lanjut Kabag Ops Polres Ngada NTT, Kompol Mei Charles Sitepu, S.H, dapat dipastikan bahwa, seluruh pos pengamanan dan pos pelayanan sudah tergelar berikut dengan sarana prasarana, maupun dengan kesiapan personilnya yang akan mengamankan serangkaian Hari Raya Idul Fitri.

Kabag Ops Polres Ngada NTT, Kompol Mei Charles Sitepu, S.H mengarahkan agar personil yang melaksanakan piket jaga mengisi buku mutasi, mengisi tabulasi pada panel data, melakukan pengawasan dan pengaturan arus mudik, serta penjagaan pada masyarakat yang sedang mudik, dan pada puncaknya masyarakat melaksanakan ibadah sholat idul Fitri pada hari Jumat ataupun Sabtu, dan tetap waspada, serta semangat melaksanakan tugas.

“Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memastikan kesiapan personelnya untuk menghadapi dan mengantisipasi sejak dini arus mudik lebaran tahun 2023. Dalam kegiatan ini, kami juga memberikan beberapa arahan kepada para kepala pos pengamanan dan kepala pos pelayanan, untuk ditindak lanjuti terkait kegiatannya pada saat menjelang, saat dan setelah hari raya Idul Fitri,” jelas Kabag Ops Polres Ngada NTT, Kompol Mei Charles Sitepu, S.H.

Menurutnya, ada target kegiatan ini, yaitu mengantisipasi kerawanan kamseltibcarlantas dalam hal kemacetan kemudian kita juga mengantisipasi terhadap adanya gangguan Kamtibmas sehingga a’man berkesan.

“Tetap siap siaga dalam melaksanakan tugas pengamanan dan tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait serta stakeholder yang ada. Peka terhadap perkembangan situasi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas serta utamakan keselamatan dalam bertugas”, ujar Kabag Ops.

Dia juga mengingatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan mengedepankan senyum, sapa dan salam (3S).

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang melaksanakan mudik untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, jika mengantuk atau kelelahan hendaknya mencari tempat berhenti dan beristirahat sejenak, sebelum melanjutkan perjalanan. Patuhi peraturan berlalulintas di jalan raya, untuk mencegah terjadinya laka lantas. Pada saat meninggal rumah pastikan rumah dalam keadaan terkunci, kendaraan yang ada juga terkunci apabila ditinggal, listrik dipadamkan serta lainnya dipadamkan, untuk menghindari kebakaran rumah. Apabila bepergianmenggunakan krndaraan roda 4 atau roda 2, jangan lupa surat-surat kendraan, gunakan helm dan jangan kebut kebutan”, tutupnya.

Berdasarkan hasil pemantauan lapangan, tampak arus lalulintas jalur lintas Flores aman lancar, penyebrangan laut Aimere terpantau ramai, aman dan lacar

Pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolsek Aimere Ipda Rizaldi Haris, S.Tr.K

Dikonfirmasi melalui Kapolsek Soa, Ipda Mardianto Setyo Budi, S.E selaku Kapos pelayanan Bandar udara Turelelo Soa, arus mudik ramai, aman dan lancar.

WBN

Share It.....