Ribuan Tumpeng Hiasi Sedekah Bumi Di Desa Tamansari Indramayu

Pers Warisan Budaya Nusantara

WBN Indramayu │ Warga Desa Tamansari Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu, menggelar tradisi sedekah bumi. Dalam tradisi tersebut, ribuan tumpeng berjajar memadati sepanjang pelataran Balai Desa hingga tidak  tertampung, (20/12/2023).

Pantauan WBN, sekitar seribu lebih tumpeng dikumpulkan warga sekitar untuk perayaan sedekah bumi.

Nampak pelataran kantor desa dipenuhi warga yang mengerumuni ribuan tumpeng. Tak hanya itu, ribuan tumpeng tersebut tidak tertampung hingga ke jalan kantor desa.

Kepala Desa Tamansarim Kuwu Sadili, M.A mengatakan, sedekah bumi dengan ribuan tumpeng tersebut baru digelar perdana. Pihaknya juga merasa kaget atas antusiasme terhadap kegiatan tradisi sedekah bumi tahun 2023, warga membuat tumpeng dengan inisiatif sendiri.

“Ini pertama kali digelar kayak gini. Tapi antusias warga sangat luar biasa. Tidak menyangka ribuan tumpeng memadati pelataran kantor desa,” kata Sadili, kepada WBN Rabu (20/12/2023).

Sadili menjelaskan ribuan tumpeng tersebut dibuat oleh warga. Hal ini membuat jalan di depan kantor desa ditutup total.

“Acara ini merupakan rangkaian tradisi sedekah bumi, antusias warga tumplek memadati kantor desa”, ujarnya.

Acara tradisi sedekah bumi ini dimulai dengan istigasah dan berdoa, setelah itu warga menyantap tumpeng yang terdiri dari tumpeng nasi, tumpeng buah, dan tumpeng jajanan.

“Kita gelar doa ditempat yang dianggap sakral karena bagaimanapun beliau adalah nenek moyang yang perlu kita doakan,” ungkapnya.

Dikatakan Sadili, kirab budaya sedekah bumi tidak hanya diikuti masyarakat setempat, namun juga diikuti kelompok organisasi serta kelompok pendidikan.

”Semoga masyarakat bisa mensyukuri semua hasil bumi yang telah diberikan oleh sang pencipta kepada kita semua,” ungkap Sadili.

Sadili menambahkan, kirab budaya sedekah bumi ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya yaitu pagelaran Sintren Evi group dari Desa Tamansari.

”Ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya juga, semua kesenian dan kebudayaan yang ada di masing-masing dusun atau RT ditampilkan di acara tersebut. Harapannya masyarakat bisa mengenal budaya peninggalan leluhur,” terangnya.

Kirab budaya sedekah bumi bisa mendorong kekompakan masyarakat dalam membangun wilayah.

”Terus lakukan kegiatan yang positif ini untuk menunjukan bahwa warga di desa Tamansari kompak dan solid, rasa kegotongroyongannya masih ada,” tegasnya.

WBN Anton K

Share It.....