Sholat Idhul Fitri di Masjid Jami’Nurur Rahman Dirangkaikan Potong Rambut Untuk Bayi

Maros,- Perayaan Idul Fitri 1445 H, tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, seperti yang terlihat di Masjid Jami’ Nurur Rahman, di Desa Tellumpoccoe, Kecamatan Marusu, Kab.Maros.

Jamaah berdatangan mulai dari jam 06.00 wita  pagi untuk mendapatkan tempat di dalam masjid. 10/04/2024

Walaupun masjid yang berlantai 2 ini terletak tak jauh dari kantor desa Tellumpoccoe, yang dimana berkapasitas 1000 lebih jamaah, namun karena antusias warga untuk ikut sholat Idul Fitri sampai tidak bisa menampung di dalam masjid, alhasil jemaah yang datang terlambat panitia telah menyiapkan lokasi di halaman parkiran depan masjid.

Begitu juga dengan acara ritual potong rambut bayi oleh sebagian warga yang ada  anak bayinya ikut serta di potong rambut untuk pertama kalinya oleh Imam Dusun Palisi, secara bergilir dengan Imam Rawatib Masjid Jami Nurur Rahman palisi, saat khatib masih membacakan khutbahnya.

Tradisi lain yang secara rutin juga dilakukan oleh jamaah adalah pemberian sedekah oleh jamaah masjid jami nurur rahman palisi. Kepada khatib, Imam masjid, Imam dusun dan pengurus masjid yang lain.

Setelah selesai pelaksanaan sholat id dilanjutkan dengan pembagian oleh oleh atau bingkisan berupa  pisang yang di bawa oleh jamaah masjid, dan dilanjutkan dengan jabat tangan antara panitia masjid dengan para jamaah masjid yang hadir sebagai tanda saling memaafkan.

(Ibrahim)

 

Share It.....