Mitos Bubur Lolos, Bikin Lancar Pada Saat Melahirkan

Cirebon, Jawa Barat – Mendengar nama kue yang satu ini unik membuat rasa penasaran tim WBN. Bubur Lolos makanan khas Sunda Jawa Barat, biasanya hidangan kue di sajikan pada saat acara tujuh bulanan bagi ibu hamil, mitosnya atas rasa syukur di beri kesehatan dan keselamatan bagi bayi yang di kandung dan di lancarkan pada saat persalinan minggu(28/09).

Bubur lolos biasanya ada dalam tiga jenis warna putih, coklat dan hitam bahan. Bubur lolos ini cenderung mirip sekali dengan dodol Betawi kalau dilihat dari segi tekstur dan juga warna. Bubur lolos berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, serta tepung kanji yang diaduk menjadi satu bersama dengan gula merah dan juga santan sehingga membentuk adonan yang kenyal. 

Rere Oktaviani bersama suami Rizki Hidayat

Rere Oktaviani (24) seorang ibu hamil Jl. Kalitanjung kota Cirebon yang di wawancarai tim WBN mengatakan Bubur lolos ini sudah ada sejak dahulu kala biasanya kue ada saat acara selametan dengan di iringi doa-doa bersama masyarakat setempat dan di sajikan dengan makanan lain, sudah jadi budaya bagi masyarakat disini, Ujarnya.

Santan yang digunakan adalah santan kental, sehingga saat dimasak nanti mengeluarkan minyak sehingga tidak lengket saat dibungkus. Bubur ini dibungkus daun pisang yang salah satu sisinya tidak ditutup. 
 
Sebelum dibungkus dengan daun pisang, adonan bubur lolos ini diberi topping blondo. Blondo adalah santan kental yang dimasak hingga hampir membentuk minyak. Tak heran jika rasa bubur ini jadi lebih gurih. Di daerah Jawa Barat, bubur lolos masih sering dijumpai kalau ada masyarakat yang mengadakan upacara nujuh bulan. 

Red(ndra).