MoU BNN- KKP Wujud Nyata Komitmen KKP Dukung Program P4GN BNN

Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali melakukan penandatanganan MoU dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam rangka melaksanakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Kepala BNN, Drs. Heru Winarko, S.H. bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, di Gedung Mina Bahari 3, KKP, Jakarta Pusat, Jumat (18/10).

Banyaknya kasus penyelundupan narkoba melalui jalur laut, menjadikan KKP sebagai mitra strategis dalam mengoptimalkan program P4GN di Indonesia. KKP yang bertugas sebagai penyelenggaraan urusan di bidang kelautan dan perikanan, membuka peluang lebih besar bagi BNN dalam memperkuat pertahanan nasional dari bahaya narkoba di Indonesia, khususnya jalur laut.

Pada penandatanganan MoU kali ini, kedua pihak sepakat untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang berkaitan dengan upaya P4GN. Ruang lingkup kerjasama yang disepakati diantaranya adalah melakukan sosialisai P4GN, meningkatkan peran serta KKP dalam melaksanakan kegiatan P4GN, deteksi dini penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, peningkatan vokasional bagi klien rehabilitasi berkelanjutan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang tanggap dalam P4GN, pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh kedua pihak dalam mendukung program P4GN, serta pertukaran data dan informasi kedua pihak terkait upaya pemberantasan narkoba.

Salah satu bentuk realisasi kerjasama kedua pihak adalah penyebaran informasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh KKP sebagai mitra kerja. Selain itu, BNN juga akan memaksimalkan upaya pemberdayaan alternarif bagi kawasan rawan narkoba terutama di desa-desa binaan yang dinaungi oleh KKP dalam bentuk peningkatan peran serta masyarakat melalui pembinaan fasilitator P4GN serta kegiatan vokasional bagi klien rehabilitasi berkelanjutan.

BNN sangat berharap kepada KKP untuk terus mendukung upaya penanganan kejahatan narkotika melalui berbagai kebijakan, pengawasan, dan pelaksanaan tugas lainnya terhadap setiap kemungkinan penyalahgunaan baik di internal maupun di seluruh wilayah kerja kementerian kelautan dan perikanan. Dengan adanya penandatanganan MoU ini, kedua pihak berharap sinergitas yang sebelumnya telah terjalin akan semakin kuat.

Usai penandatanganan nota kesepahaman antara BNN dengan KKP, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengungkapkan pentingnya komitmen seluruh elemen bangsa dalam menjaga lautan Indonesia. Menurutnya, ada sejumlah persoalan yang terjadi di lautan yang harus ditangkal selain kejahatan pencurian ikan, yaitu penyelundupan narkoba, senjata, dan perdagangan orang.

Kegiatan penandatanganan MoU ini merupakan salah satu rangkaian dari acara peluncuran buku terbitan KKP yang berjudul Laut Masa Depan Bangsa . Sejumlah pejabat utama hadir baik dari BNN di antaranya Sestama, Deputi Rehabilitasi, Direktur Intelijen, dan Direktur Pemberdayaan Alternatif. Sementara itu dari KKP, seluruh pejabat eselon 1 hadir dalam kegiatan tersebut.

#Biro Humas dan Protokol BNN RI
Red WBN. NN