Buka Festival Tenun Ikat, Ini Pesan Rihi Heke

WBN. SABU RAIJUA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Sabu Raijua yang ke 13 yang jatuh pada 26 November, Pemerintah Kecamatan Hawu Mehara , Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan Festival Tenun ikat dari tanggal 22-26 November 2021.

Kegiatan yang berlangsung dihalaman Kantor Desa Lobohede tersebut dibuka langsung oleh Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke, pada Senin (22/11/2021)

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sabu Raijua , Yohanis Uly Kale, Ketua DPRD , Paulus Rabe Tuka, Danramil Sabu Raijua, Mayor infantri Suleman abdul Sakir, Danposal Sabu Raijua, Para pimpinan OPD, Pimpinan Bank NTT, Pimpinan BRI , Para Relawan Pesta Pendidikan Do Hawu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, para penenun dan masyarakat

Dalam Sambutannya Bupati Sabu Raijua, mengatakan bahwa Kegitan Festival Tenun Ikat merupakan sala satu kegiatan yang dilakukan untuk mengarah pada peningkatan ekonomi bagi para penenun serta seluruh masyarakat Sabu Raijua.

Kegitan Festival Tenun Ikat merupakan sala satu kegitan yang dilaksanakan untuk mengarah pada peningkatan ekonomi bagi para penenun serta seluruh masyarakat Sabu Raijua,”ujar Bupati

Dirinya mengajak seluruh masyarakat Sabu Raijua agar tetap menjaga, melestarikan dan mengembangkan Budaya yang ada sebagai aset pariwisata yang berdampak jangka panjang bagi pembangunan Sabu Raijua kedepan.

“Saya mengajak kita semua agar tetap menjaga, melestarikan dan mengembangkan Budaya yang ada sebagai aset pariwisata yang berdampak jangka panjang bagi pembangunan Sabu Raijua kedepan,”ajaknya.

Lebih lanjut Politisi Nasdem itu, mangatakan bahwa Tahun 2022 Sabu Raijua akan melakukan event Festival Kelaba Maja. Oleh krn itu, ia mengajak seluruh OPD agar harus menjadi dinas pariwisata untuk mempersiapkan spot pada destinasi wisata yang ada.

“Tahun 2022 Sabu Raijua akan melakukan event Festival Kelaba Maja. Oleh karena itu, saya harap seluruh OPD agar menjadi dinas pariwisata untuk mempersiapakan spot pada destinasi wisata yang ada,” harapnya.

Dirinya mengatakan bahwa Pemda Sabu Raijua akan prioritaskan anggaran yang mendukung kegiatan pariwisata, sehingga dalam kesempatan tersebut dirinya berharap dukungan dari DPRD .

Pemda Sabu Raijua akan prioritaskan anggaran yang mendukung kegiatan pariwisata, sehingga kami berharap dukungan dari DPRD,”pungkasnya

Pada kesempatan yang sama Camat Hawu Mehara, Daniel Logo, SH mengatakan bahwa sala satu Tokoh yang menjadi pengggas kegiatan Festival Tenun ikat adalah dirinya bersama Yohanis Uly Kale yang juga Wakil Bupati Sabu Raijua.

“sala satu Tokoh yang menjadi pengggas kegiatan Festival Tenun ikat adalah saya bersama Bapak Yohanis Uly Kale atau biasa kami panggil bapa Mahoro,”ujarnya

Ia menjelaskan dasar pemikiran untuk menyelenggarakan Festival tenun ikat untuk mempromosikan Hawu Mehara terlebih kusus Desa Lobohede menjadi Gudang dan Pusat para penenun.

Dasar pemikiran kami dalam menyelenggarakan kegiatan Festival tenun ikat adalah untuk mempromosikan Hawu Mehara terlebih kusus Desa Lobohede menjadi gudang dan pusat para penenun,” tutupnya (JHF)

Share It.....